Jumat 18 Sep 2015 06:17 WIB

Ortu, Ajarkan Anak Lima Cara Memilih Jajanan Sehat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Jajanan di sejumlah sekolah perlu diwaspadai karena ada yang mengandung bahan pangan yang tak aman.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Jajanan di sejumlah sekolah perlu diwaspadai karena ada yang mengandung bahan pangan yang tak aman.

REPUBLIKA.CO.ID, Jajanan anak masih banyak yang tidak sehat. Untuk mengindarinya sebaiknya orang tua mengajarkan anak mengenai cara memilih jajanan yang sehat. Berikut penjelasan Kepala Bidang SD dan PLB, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Dr Kanti Herawati dalam Seminar Media Cermati Kandungan Nutrisi Jajanan Anak di Jakarta, Kamis (17/9).

Pertama, hindari jajan yang dijual ditempat terbuka serta tanpa penutup atau tidak dilindungi oleh kemasan makanan tersebut. Kedua, ajarkan anak-anak untuk bisa memilih tempat jualan makanan di tempat yang bersih juga terhindar dari matahari, debu, hujan dan asap kendaraan bermotor secara langsung

Ketiga, ajarkan anak untuk tidak terbiasa membeli makanan atau jajanan yang dibungkus dengan kertas bekas ataupun koran bekas Keempat, hati-hati dengan jenis makanan yang murah yang biasanya mengandung bahan pangan yang sintetis berlebihan atau bahkan bahan pangan yang berbahaya. 

"Cermati pula bila bahan makanan tersebut memiliki warna yang cerah dan mencolok karena besar kemungkinan mengandung pewarna non makanan," ungkapnya.

Kelima, orang tua harus mengedukasi anak agar selalu memilih jajajan yang aman, salah satunya adalah dengan membawakan bekal yang dipilih dan disiapkan sendiri oleh orang tua. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement