Kamis 17 Sep 2015 10:16 WIB

Serbamahal, Ini Trik Belanja Dapur Irit (1)

Kenaikan harga bahan makanan membuat ibu harus cermat mencari produk terbaik dalam harga yang terjangkau agar kebutuhan gizi keluarga terjaga.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kenaikan harga bahan makanan membuat ibu harus cermat mencari produk terbaik dalam harga yang terjangkau agar kebutuhan gizi keluarga terjaga.

REPUBLIKA.CO.ID, Belanja bahan makanan, dalam kondisi saat ini, sudah cukup menguras dompet anggaran rumah tangga. Harga daging yang tak kunjung turun, belum lagi naiknya harga bahan pangan yang terimbas kenaikan dolar AS. Banyak ibu rumah tangga dipaksa untuk berhemat, demi memenuhi kebutuhan lain yang tak kalah penting.

Ada banyak cara untuk hemat, tanpa mengurangi kualitas asupan nutrisi bagi keluarga. Dikutip dari laman Forbes, Kamis (17/9), berikut beberapa trik yang bisa Anda coba.

Memilih produk secara cermat

Beli produk sesegar mungkin, utamakan membeli buah dan sayur yang sedang musim. Cara ini akan membuat makanan lebih lezat dan berhemat. Pakar pemasaran makanan Phil Lempert memberi saran itu. Katanya juga jangan hiraukan bagian makanan beku.

"Sayur dan buah beku umumnya dibekukan di puncak kesegarannya, hingga menjaga nutrisinya," kata Lemperty.

Jangan buang sisa-sisa

Gunakan bagian dari sayur yang tidak terpakai, misalnya tangkai brokoli atau jamur. Bahkan tulang ayam atau sapi untuk membuat makanan. Campurkan sayuran ke saus pasta untuk menghasilkan rasa yang lebih tajam dan menuai manfaat kesehatan. Tambahkan sisa daging untuk menambah asupan ekstra protein ke semur atau sup.

Roti yang sudah kurang segar bisa diubah jadi crouton taburan sup krim. Atau dicampur dengan susu dan telur menjadi French Toast. Sisa remah kulit pai atau kue kering bisa ditabur di atas yogurt. Sedangkan buah yang sudah terlalu matang bisa dijus jadi smoothie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement