Selasa 15 Sep 2015 09:32 WIB

6 Kebiasaan Sehat Bantu Memperpanjang Usia

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Konsumsi rutin kacang merah bantu Anda hidup lebih sehat
Foto: Boldsky
Konsumsi rutin kacang merah bantu Anda hidup lebih sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Gaya hidup menentukan kesehatan seseorang. Jika Anda termasuk orang yang menginginkan hidup sehat maka tidak begitu sulit untuk dilakukan.

Beberapa makanan ini memang tampak tidak terlalu jelas dan sederhana. Namun, Anda bisa menjadikannya sebagai kebiasan makan yang harus dilakukan di dalam rumah Anda, agar mereka juga hidup sehat dan panjang umur.

Seperti dilansir dari Boldsky, Senin (14/9), berikut beberapa tips untuk memiliki umur panjang dengan membiasakan makan sehat.

Kurangi gula

Untuk hidup lebih lama, Anda harus mengurangi konsumsi gula. Bila selama ini Anda menggunakan gula hampir 5 kali dalam seminggu, kurangi atau gunakan gula jagung yang lebih menyehatkan. Bagi Anda penggemar permen manis, ada baiknya mulai saat ini cukup dengan satu minggu sekali Anda mengonsumsinya.

Kopi

Anda penggemar berat kopi? Kopi memang diakui pakar memiliki manfaat kesehatan sendiri. Namun, minuman berkafein ini juga tak luput dari risiko. Jika Anda susah menghindari minuman ini, mengurangi frekuensi mengonsumsinya disarankan lebih cepat lebih baik.

Telur

Jika penggemar telur, Anda bisa makan 3-4 telur dalam seminggu. Tidak ada bahaya yang terlalu signifikan bila Anda memakannya lebih dari itu, namun untuk hidup sehat lebih lama ada baiknya Anda mengikuti saran ini.

Konsumsi lebih banyak kacang

Konsumsilah beberapa kacang setiap hari. Secara mengejutkan, kacang juga memainkan peran penting untuk umur panjang Anda.

Kacang merah

Dengan memakan kacang merah yang dimasak dalam porsi kecil setiap hari dapat membantu Anda lebih sehat dan memiliki umur panjang. Pasalnya, jenis kacang ini mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, lemak dan juga serat.

Hindari susu

Meskipun susu memiliki manfaat terhadap tulang, tetapi mengurangi konsumsi susu disarankan sejak saat ini. Jika Anda ingin mendapatkan kalsium, ada sumber lain seperti sayur kale yang dapat Anda konsumsi. Sistem pencernaan Anda tidak akan merasa nyaman jika Anda mengonsumsi susu dengan jumlah besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement