Senin 14 Sep 2015 04:24 WIB

Makanan dan Minuman yang Menenangkan Saat Tidur

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan tidur (ilustrasi)
Foto: Health
Perempuan tidur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak yang mengatakan bahwa makan makanan berat dan makanan tertentu dapat membuat Anda terbangun di malam hari, oleh karenannya hal ini dihindari.

Tapi sebenarnya ada beberapa makanan dan minuman yang benar-benar dapat menenangkan Anda saat tidur.

Secara khusus, makanan yang mengandung tryptophan (asam amino yang berubah menjadi zat kimia penenang otak seperti serotonin dan melatonin), karbohidrat gandum (yang meningkatkan produksi serotonin), mineral tertentu (seperti menenangkan kalsium dan magnesium), dan beberapa tumbuhan (yang memiliki efek relaksasi) dapat membuat anda cepat mengantuk.

Jika Anda ingin mengemil pada malam hari, tapi tidak ingin tidurnya terganggu, berikut pilihan yang terbaik, yang dilansir dari Sleep Senin (14/9).

Sepotong pisang dan segenggam almond

Makanan ini mengandung kombinasi antara tryptophan, karbohidrat, dan magnesium dapat membuat anda mengantuk. Sama halnya dengan pisang ceri, sumber alami melatonin, juga dapat digunakan sebagai gantinya.

Whole grain crackers dengan peanut butter

Makanan ini merupakan combo lain yang mengandung (triptofan + karbohidrat kompleks) yang akan membuat anda terlelap.

Secangkir susu hangat

Bener kata banyak orang, minum susu hangat sebelum tidur dapat membantu anda tidur lebih baik, susu mengandung triptofan, kalsium, dan magnesium. Namun hanya cangkir kecil dan tidak segelas besar, karena akan menyebabkan anda ke kamar mandi sepanjang malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement