Ahad 13 Sep 2015 11:22 WIB

Jazz Pantai Banyuwangi 2015 Sukses Bius Ribuan Wisatawan

Pantai Boom di Banyuwangi
Foto: Google
Pantai Boom di Banyuwangi

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Pagelaran Jazz Pantai Banyuwangi 2015 di kawasan Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (12/9) malam mampu membius ribuan wisatawan yang menyaksikan.

Wisatawan larut dalam alunan lagu yang dibawakan para penyanyi, yakni Vina Panduwinata, Marcell Siahaan, Shena Malsiana, Citra Scholastika dan Once Mekel. Lalu lalang nelayan dan kapal penyeberangan di kawasan dengan pemandangan Selat Bali menambah suasana alami kesemarakan perhelatan di bibir pantai tersebut.

Citra Scholastika dan Shena membawakan lagu bersuasana ceria, Marcell Siahaan mengungkapkan tema kegalauan dan Once Mekel menyuguhkan lagu romantis, sementara penyanyi senior Vina Panduwinata mengusung lagu-lagu nostalgia.

Shena membuka perhelatan dengan menyanyikan lagu asli Banyuwangi, Rehana. Lagu Using, suku asli Banyuwangi tersebut, dinyanyikan dengan aransemen jazz.

"Lagu ini bagus sekali, tapi cukup susah membawakannya. Aku harus latihan 'nonstop' sejak 'H-2'. Aku senang bisa membawakannya," kata Shena yang merupakan alumnus program pencarian bakat menyanyi tersebut.

Dilanjutkan oleh Marcel Siahaan yang menghadirkan suasana galau dengan lagu-lagunya. Ribuan penonton larut dalam lagu romantis berbalut jazz yang diusung pelantun lagu "Semusim" itu.

Sementara Citra Scholastika giliran membawa suasana ceria. Dengan gaya centilnya, jawara Indonesian Idol tersebut berhasil mengajak penonton turut berjoget mengiringi lagunya. Mulai dari lagu "Aku Pasti Bisa", "Do Re Mi", hingga "Everybody Knew".

Larutnya malam ternyata tidak membuat penonton beranjak menikmati dinginnya angin laut. Penampilan Once Mekel yang dimulai pukul 23.00 WIB justru membuat penonton semakin larut mengikuti syair-syair lagu yang dibawakan Once, yakni "Anggun", "Cemburu", "Dealova", dan dipungkasi lagu "Separuh Nafas".

Jazz Pantai Banyuwangi ditutup oleh penampilan menawan penyanyi si "Burung Camar" Vina Panduwinata. Malam itu Vina yang mengenakan gaun berwarna keperakan membawakan delapan lagu dengan suara serak khasnya, seperti "Biru", "Di Dadaku Ada Kamu", "September Ceria", dan "Surat Cinta".

Di atas panggung, tak lupa para musisi ikut memuji kekayaan alam dan budaya Kabupaten Banyuwangi yang berjuluk "The Sunrise of Java" itu, baik dari sisi keindahan destinasi wisatanya maupun kekayaan kulinernya.

"Aku tadi makan rujak soto. Ternyata asyik rujak dicampur soto, unik sekali," ucap Marcell.

Shena mengemukakan begitu teman-temannya tahu dirinya sedang show di Banyuwangi, mereka langsung mengirim foto destinasi wisata yang bagus-bagus.

"Ternyata banyak banget temanku yang sudah pernah ke Banyuwangi. Aku disarankan pergi ke beberapa destinasi pantai yang ada di sini," tutur Shena.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, ajang Jazz Pantai diharapkan bisa mendorong promosi pariwisata Banyuwangi, khususnya untuk destinasi wisata pantai. Sektor pariwisata, kata Anas, menjadi salah satu andalan untuk menggerakkan perekonomian di tengah tantangan perlambatan ekonomi yang saat ini sedang dihadapi Indonesia.

"Jazz Pantai ini konsepnya pariwisata berbasis kegiatan (event tourism). Di banyak tempat, event tourism adalah cara efektif untuk memperpanjang siklus destinasi. Sehingga, wisatawan bisa lebih lama tinggal dan otomatis belanjanya juga lebih besar. Sebagai contoh, setelah menikmati pantai atau naik Kawah Ijen, bisa menonton Jazz Pantai di Pantai Boom atau sebaliknya," ujarnya.

Anas menambahkan, Jazz Pantai sengaja digelar di Pantai Boom Banyuwangi sebagai bagian dari revitalisasi pantai tersebut. Sebelum disentuh Pemkab Banyuwangi yang bersinergi dengan kelompok masyarakat setempat, pantai tersebut nisbi kotor.

Dalam tiga tahun terakhir revitalisasi dilakukan. Taman Digital dengan amphitheatre dibangun bersinergi dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Ada pojok makanan yang bersih dan fasilitas ibadah juga selesai dibangun. Saat ini, Pantai Boom kian ramai dikunjungi wisatawan dan telah memberi denyut ekonomi untuk warga sekitar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement