Kamis 10 Sep 2015 15:05 WIB

Perhatikan Empat Aturan Ini Sebelum Melancong ke Jepang

Rep: Melissa Riska Putri/ Red: Indira Rezkisari
Sebelun berlibur ke Jepang ada beberapa aturan yang penting diketahui agar agenda jalan-jalan bisa berlangsung lancar.
Foto: AP
Sebelun berlibur ke Jepang ada beberapa aturan yang penting diketahui agar agenda jalan-jalan bisa berlangsung lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, Jepang memiliki sejumlah kebiasaan yang tidak biasa bagi kebanyakan orang asing. Selain kebiasaan, negara Sakura ini juga memiliki beberapa peraturan atau hukum yang berbeda dari negara-negara lain.

Berikut empat hukum Jepang yang mengejutkan banyak orang asing seperti dilansir Business Insider, Kamis (10/9).

Orang asing harus membawa paspor setiap saat

Menurut Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, hukum Jepang memungkinkan polisi menghentikan siapa pun setiap saat di jalan untuk melihat identitas. Karena itu, orang asing harus selalu membawa paspor mereka, sehinga mereka dapat menunjukkan identitas dan tidak ditangkap polisi.

Beberapa obat yang legal di AS adalah ilegal di Jepang

Hukum Jepang memungkinkan orang asing membawa pasokan obat yang dianggap legal di Jepang. Namun ada banyak obat umum di suatu negara yang dianggap ilegal di Jepang. Departemen Negara AS mengatakan, setiap produk yang mengandung stimulan (pseudoefedrin) adalah ilegal di negara ini, termasuk inhaler dan obat alergi seperti Sudafed.

Jika Anda membawa segala jenis obat-obatan ke negara itu, pastikan juga untuk membawa resep dari dokter dan surat yang menjelaskan tujuan penggunaan obat.

Tidak merokok di luar ruangan

Belakangan ini perokok memiliki kemewahan karena bisa merokok di mana saja di Jepang, baik di dalam atau luar ruangan. Sebab, tembakau lebih murah di negara itu dibanding sebagian besar negara-negara lain. Namun menurut Japan Times, hukum baru-baru ini melarang merokok di ruang publik perkotaan, tidak hanya di jalan tetapi juga di restoran dan bar. Saat ini, restoran dan bar membuat pemisahan area untuk perokok dan bukan perokok.

Mabuk di jalan adalah legal

Tidak seperti kebanyakan negara yang melarang minum-minuman di tempat terbuka. Di Jepang, orang-orang bebas untuk makan ataupun minum-minuman di ruang publik dan itu adalah hal legal. Bahkan ada mesin penjual otomatis yang menawarkan bir dan sake. Adapula festival tradisional yang melibatkan minum di luar seperti Hanami, di mana peserta menikmati piknik di bawah mekarnya bunga sakura.

Namun jika Anda minum di jalanan, di taman atau di pantai, selalu ide baik untuk bertindak hormat dan tidak menarik terlalu banyak perhatian.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement