Kamis 10 Sep 2015 11:30 WIB

Dua Bulan Ini Jadi Masa Terbaik untuk Hamil

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Kebiasaan makan sehat dari sebelum hamil akan membantu mencegah kelahiran prematur.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kebiasaan makan sehat dari sebelum hamil akan membantu mencegah kelahiran prematur.

REPUBLIKA.CO.ID, Mendapatkan kabar bahagia bahwa Anda hamil adalah suatu kebahagiaan yang tak ternilai. Menurut penelitian sekarang adalah waktu yang tepat, yakni di musim panas,untuk mendapatkan bayi jika Anda ingin anak yang sehat.

Menurut majalah Science, seperti dilansir dari Cafemom, Kamis (10/9), bayi yang dikandung di musim panas lebih sehat dibandingkan mereka yang dikandung pada waktu lain sepanjang tahun. Korelasi tersebut telah diperiksa selama beberapa waktu.

Ilmuwan mencatat kelahiran musim dingin dapat menyebabkan lebih banyak masalah di kemudian hari, mulai dari dari penyakit mental bahkan kematian dini. Tapi melihat bulan pembuahan daripada bulan kelahiran juga memungkinkan mereka untuk memperhitungkan panjang bayi saat lahir.

Mereka menemukan perbedaan yang signifikan dalam kesehatan bergantung pada saat anak-anak yang dikandung. Jadi, apa bulan terburuk tahun untuk hamil?

Menurut laporan itu, bayi yang dikandung di bulan musim semi 13 persen lebih mungkin untuk dilahirkan prematur. Bayi prematur tentu berkaitan dengan sejumlah masalah yang mungkin terjadi seumur hidup, seperti kekebalan tubuh yang lebih lemah hingga kemampuan kognitif lebih lambat.

Bulan-bulan terbaik untuk hamil disebut ilmuwan mulai Juni sampai Agustus. Wanita yang mengandung selama waktu itu melahirkan bayi yang 8 gram lebih berat daripada mereka yang lahir di bulan lain.

Mengapa? Ada beberapa bukti kehamilan di bulan diluar Juni hingga Agustus berkaitan dengan musim flu. Spekulasi lain adalah hubungannya dengan vitamin D bagi perkembangan janin. Namun, masih dibutuhkan studi lanjutan yang lebih menyeluruh tentang ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement