Rabu 09 Sep 2015 16:02 WIB

Amal Clooney Terbang ke Penjara Maladewa

George Clooney dan Amal Clooney
Foto: EPA
George Clooney dan Amal Clooney

REPUBLIKA.CO.ID, Pengacara HAM internasional Amal Clooney bertemu dengan mantan presiden Maladewa yang sedang mendekam di penjara. Mohammed Nasheed didakwa atas kejahatan terorisme dalam kasus yang menuai kritik internasional. Amal bertemu satu hari sebelum pengadilan.

Nasheed adalah pemimpin Maladewa pertama yang dipilih secara demokratis. Ia dikucilkan pada 2012 setelah memerintahkan penangkapan seorang juri pengadilan. Ia kini menjalani penahanan 13 tahun setelah pengadilan Maret lalu.

PBB dan kelompok HAM merasakan Presiden Abdullah Yameen gagal mengikuti proses hukum yang sepatutnya. Dan, dikutip dari USA Today, kalau kasus Nasheed dipicu oleh motif politis.

Amal, istri aktor George Clooney, terbang ke penjara di Pulau Maafushi tempat Nasheed ditahan. Ia bertemu selama 90 menit dengan Nasheed.

"Presiden Nasheed ada dalam kondisi spirit yang sangat baik," ujarnya, setelah pertemuan. Amal melanjutkan, Nasheed ingin ia memberi tahu rakyat Maladewa kalau ia berharap keadaan akan membaik. Amal akan mendampingi Nasheed atas nama pemerintahan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement