Rabu 09 Sep 2015 11:30 WIB

Tiga Tipe Pribadi yang Harus Sudah Menyiapkan Dana Pernikahan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pernikahan  (ilustrasi)
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pernikahan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak ingin menikah? Pastilah semua orang dewasa ingin membangun rumah tangga dengan pasangannya. Walaupun pernikahan adalah tanggung jawab orang tua, tapi tak ada salah anak juga membantu biayanya. Selain mereka siapa saja yang membutuhkan pengaturan keuangan dalam membuat anggaran pra pernikahan?

Independent Financial Planner dari Tatadana Consulting, Aprida, mengatakan yang membutuhkan pengaturan keuangan dalam membuat anggaran pra pernikahan salah satunya adalah fresh graduate.  Tidak ada salahnya orang yang baru lulus kerja untuk memikirkan tentang ini, walaupun saat ini belum akan menikah, namun dana tentunya harus dipersiapkan dari sekarang agar tidak terlalu berat nantinya.

Sayangnya, menurut Aprida, perilaku para fresh graduate justru kerap belum memikirkan masa depan. Karena baru pertama kali bekerja, pertama kali mendapatkan uang sendiri, maka biasanya gaya hidup yang dulu tidak pernah didapatkan zaman kuliah karena keterbatasan dana langsung berubah. Baru kerja tapi  gaya sudah selangit, makan di restoran mahal hampir tiap hari, travelling, gonta ganti gadget, hingga  mengikuti semua tren terbaru.

“Boro-boro mempersiapkan biaya pernikahan, malah para fresh graduate ini  bisa jadi nombok dengan gaya hidupnya yang wah itu. Dan ujung-ujungnya menggunakan kartu kredit untuk gaya hidup konsumtifnya tersebut. Nah akan terasa beda orang yang mempersiapkan biaya pernikahan saat baru bekerja dengan orang yang mempersiapkan biaya pernikahan saat hampir menjelang pernikahan,” ungkapnya kepada Republika.co.id, Rabu (9/9).

Selain fresh graduate, orang yang memang akan menikah dalam waktu dekat juga harus membutuhkan pengaturan keuangan dalam membuat anggaran pra pernikahan. Syukur-syukur memang sudah ada dana yang nilainya mendekati nilai ideal yang dibutuhkan.

“Kebanyakan yang sering terjadi adalah  tidak mempersiapkan dari awal, maka dana untuk mencicilnya tiap bulan akan sangat lumayan, perlu trik finansial untuk mempersiapkannya,” ujarnya.

Memang yang paling utama menyiapkan dana pernikahan adalah orang tua untuk anaknya. Saat ini semakin banyak orang tua yang sadar pentingnya perencanaan keuangan, anaknya masih balitapun ada yang sudah mulai mempersiapkannya dari sekarang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement