Selasa 28 Feb 2017 17:14 WIB

Khusus Pria, Ayo Siapkan Dana Menikah dari Sekarang

Menyiapkan dana menikah harus dilakukan dengan matang dan dari jauh hari untuk soal dananya.
Foto: Pixabay
Menyiapkan dana menikah harus dilakukan dengan matang dan dari jauh hari untuk soal dananya.

REPUBLIKA.CO.ID, Menikah adalah suatu tahapan penting dalam hidup setiap manusia, di mana persiapan yang dilakukan untuk menuju pernikahan itu sendiri sangat menantang, khususnya masalah anggaran pernikahan. Umumnya, dalam hal anggaran, yang pertama akan dimunculkan adalah sosok pria. Saat ingin menikah, pria sebaiknya memiliki dana yang cukup untuk bisa menikah dengan calon pasanganya. Walau terkadang masalah anggaran ini terbatas, namun jika disiapkan jauh hari, masih bisa dimaksimalkan.

Saat hati berkata bahwa “saya ingin menikah” untuk para pria, mulailah rencanakan anggaran pernikahan tersebut. Apalagi jika Anda berkata seperti demikian, dan memang sudah memiliki kekasih dan akan menikah. Menyiapkan finansial untuk menikah sangat penting, terutama para pria yang notabene sebagai kapten dalam hal ini.

Jika sudah ada niat untuk menikah, segera buat rencana untuk mewujudkanya, para pria bisa merencanakan hal berikut ini:

Diskusikan dengan Pasangan

Anda akan menikah dengan calon pasangan tentunya, maka sebaiknya rajinlah berdiskusi mengenai hal ini dengan pasangan. Bicarakan segala hal dengan detail, seperti bagaimana konsep pernikahan yang diinginkan, di mana acara akan dilaksanakan, berapa banyak tamu yang akan diundang dan lain sebagainya.

Setelah membahas soal masalah pernikahan berdua, mulai untuk membicarakan berapa anggaran yang diperlukan untuk mewujudkan hal penting itu. Jika memang dana yang diperlukan sedikit, maka tidak perlu mengeluarkan banyak uang nantinya.

Atau Meminjam Dana untuk Menikah

Meminjam dana hanya dilakukan saat memang Anda memerlukannya. Biasanya keperluan ini bersifat darurat dan diperlukan dalam jangka waktu cukup singkat. Ketika anda mempersiapkan pernikahan, kenyataanya masih saja ada beberapa kebutuhan yang ternyata masih memerlukan anggaran yang cukup tinggi.

Jika ingin meminjam dana, pastikan memilih produk pinjaman pribadi yang juga menawarkan beberapa keuntungan, seperti suku bunga yang ringan, bebas biaya administrasi, proses pengajuan yang mudah serta akses pembayaran yang mudah.

Pernikahan Bukan Hanya Sekadar Resepsi

Mungkin yang tertanam dalam pikiran kita, yang belum menikah, bahwa pernikahan itu adalah ijab kabul dan resepsi. Namun, sebaiknya ubah pemikiran seperti itu karena menikah bukan hanya mengenai hal tersebut saja. Menikah adalah menjalani kehidupan baru untuk membentuk sebuah keluarga dengan banyak kebutuhan. Karena hal itu, sebaiknya Anda tidak menghabiskan uang hanya untuk pesta pernikahan saja, sisihkan sebagai dana tersebut untuk kebutuhan rumah tangga berdua.

Buat Rencana Pernikahan dan Mulai Siapkan Dana Pernikahan

Anda bisa memulainya dengan membuat gambaran kasar mengenai rencana pernikahan berdua. jika memang membutuhkan tambahan dana karena kekurangan dana, maksimalkan beragam produk bank seperti tabungan, deposito, atau pinjaman pribadi.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement