Rabu 09 Sep 2015 07:17 WIB

Hacienda Nápoles: Rumah Bandar Narkoba Menjadi Taman Bermain

Rep: MGROL49/ Red: Winda Destiana Putri
Hacienda Napoles
Foto: Amusingplanet
Hacienda Napoles

REPUBLIKA.CO.ID, Sekitar 180 km dari Medellin, terdapat sebuah kota kecil bernama Puerto Triunfo.

Di sinilah raja obat bius Pablo Escobar tinggal dan berkuasa pada 1978, ia membangun sebuah rumah mewah dan luas, hasil ini ia dapatkan dari pekerjaannya pengedar narkoba terkaya di dunia dengan tambang kokain terbesar dalam sejarah yang bernilai 25 miliar US Dollar. Escobar menamai rumahnya Hacienda Napoles yang berarti "Naples Estate" dalam bahasa Spanyol.

Dilansir Amusingplanet Rabu (9/9) Hacienda Napoles mencakup luas hampir 20 km, yang terdiri dari rumah, kebun binatang swasta, danau buatan, jalur kereta, sebuah bandara pribadi, dan bahkan arena adu banteng, semua dibangun dalam skala besar dan mewah.

Pembangunan Hacienda Napoles oleh Pablo Escobar dilakukan lewat kegiatan ilegal dan kriminal seperti pengiriman kartel besar narkoba, dan juga perencanaan, pembantaian dan kejahatan yang mengguncang dunia.

Kebun binatang pribadinya penuh dengan berbagai jenis binatang seperti jerapah, burung unta, gajah, kuda nil, kuda, kijang, dan burung-burung eksotis, yang dibawa dari tempat yang berbeda. Dia jug bangga dengan memamerkan pesawat pribadinya yang bermesin tunggal yang dipakainya terbang untuk pengiriman kokain pertamanya. Selain itu ia juga memiliki koleksi besar mobil dan sepeda tua yang mewah.

Setelah Pablo Escobar ditembak mati pada tahun 1993 oleh polisi Kolombia, keluarganya mencoba untuk mendapatkan kembali hakdari Hacienda Napoles, tapi pemerintah Kolombia menyita semua propertinya.

Sebagian besar hewan diberikan kepada kebun binatang.  Namun masih ada beberapa bison, zebra, kambing langka, satu burung unta dan setidaknya beberapa lusin kuda nil yang masih berkeliaran di tempat ini. Populasi kuda nil disini telah berkembang sejak kematian Escobar dan meningkat dengan jumlah sekitar 50 sampai 60 ekor, dari jumlah aslinya empat ekor yang ia beli dari San Diego Zoo pada tahun 1981. Sebagian besar hidup di danau taman tetapi beberapa dari mereka telah lolos dari kandang dan pindah ke sungai terdekat.

Pada tahun 2008, pemerintah Kolombia menyerahkan semua aset properti kepada sebuah perusahaan manajemen yang mengubahnya menjadi sebuah taman yang disebut Parque Tematico Hacienda Napoles (Hacienda Napoles Theme Park).

Terdapat sebuah museum yang berada di tengah-tengah taman yang sepenuhnya didedikasikan untuk gembong narkoba ini. Dilaporkan hampir 50.000 turis dikatakan mengunjungi tempat ini setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement