Selasa 08 Sep 2015 05:31 WIB

Ortu, Jangan Pajang Foto Anak Seperti Ini di Sosmed

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anak
Foto: Prayogi/Republika
Ibu dan anak

REPUBLIKA.CO.ID, Tak sedikit orang tua yang membagi foto anak-anaknya yang menggemaskan lewat sosial media. Baik itu facebook, instagram, twitter, path maupun sosial media lainnya. Foto anak yang histeris, lucu, menggemaskan sampai momen yang menyebalkan seringkali Anda unggah ke internet.

Tapi internet luas dan berpotensi menjadi tempat yang menakutkan. Dan ini adalah tugas kita untuk melindungi keluarga kita. Walaupun di internet ada jaring pengaman untuk mengunci akun Anda yang hanya bisa dilihat oleh orang yang Anda izinkan, tapi sebaiknya And tidak mengunggah lima foto anak berikut ini seperti dilansir dari laman Popsugar, Selasa (8/9).

Foto anak orang lain

Semua orang memiliki posisi sendiri untuk berbagi wajah anak-anak mereka di media sosial. Jadi sebelum Anda mengunggah foto dan menandai foto setelah pulang dari pesta ulang tahun atau kunjungan bersama sekolah, pastikan untuk menghormati keluarga lain yang terlibat. Apakah mereka berkenan foto anaknya dipajang atau tidak.

Ketika mereka pergi ke sekolah

Jangan berpikir bahwa sekolah meruakan salah satu zona aman utnuk anak. Faktanya sekolah juga merupakan salah satu dunia menakutkan di luar sana. Jika Anda berbagi foto anak-anak Anda di kelas sekolah atau di halaman sekolah, maka pastikan nama dan atau fitur yang menunjukkan lokasinya disembunyikan.

Foto telanjang

Foto anak sedang telanjang atau mandi. Sudah jelas mengapa Anda dilarang keras memajang foto anak sedang telanjang di media sosial. 

Media sosial bisa diakses siapa saja. Termasuk kaum penjahat yang mengincar anak-anak. Walaupun kesannya anak lucu karena telanjang, tapi foto telanjang akan membahayakan diri mereka dan bisa jadi mereka akan menjadi korban pelecehan seksual karena foto tersebut. 

Mengerikan jika foto telanjang anak jatuh ke tangan yang salah. Memang sebagian besar jaringan sosial memiliki standar foto telanjang. Tugas kita sebagai orang tua mereka harus mengambil langkah lebih lanjut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement