Selasa 08 Sep 2015 05:14 WIB

Benarkah Bubuk Creamer Kopi Mengandung Bahan Mudah Terbakar?

Rep: MGROL49/ Red: Winda Destiana Putri
Kopi dengan krimer (Ilustrasi)
Foto: Google
Kopi dengan krimer (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Creamer kopi saat ini datang dengan berbagai macam variasi rasa. Dalam satu tuangan, dengan cepat creamer kopi dapat meringankan secangkir kopi serta mempermanis.

Tapi apakah Anda pernah mencoba bertanya-tanya apa saja kandungan yang ada dari kopi creamer? Berikut adalah ulansannya yang dilansir dari Huffingtonpost Selasa (8/9).

Jadi apa itu creamer kopi? Singkatnya, itu berisikan gula, minyak dan pengental. Dengan menggunakan itu, anda dapat mencampurkan cream dengan kopi dengan bantuan minyak. Untuk penjelasan yang lebih rinci creamer kopi terdiri dari:

1. Sirup jagung yang dipadatkan, hal ini pada dasarnya gula, hanya saja terbuat dari jagung

2. Parsial Hidrogen Kedelai atau minyak dari biji kapas, ini yang memberi creamer seperti cream

3. Sodium caseinate, protein susu yang tidak mengandung laktosa tetapi bertindak sebagai stabilizer.

4. Monogliserida dan digliserida, bahan yang memastikan kopi dan creamer dapat tercampur. Ada kemungkinan bahwa ini mengandung lemak trans.

5. Dipotassium fosfat atau yang juga dikenal sebagai asam fosfat, berguna untuk pengental

Itulah beberapa bahan pembuat creamer, biasanya ada tambahan lain seperti perasa buatan, tapi daftar yang di atas adalah bahan dasar. Namun seperti yang kita ketahui creamer kopi terdapat dalam 2 bentuk yaitu cair dan bubuk. Pada faktanya creamer kopi berbentuk bubuk mengandung sodium alumionosilicate, sebuah zat anticaking agent yang sangat mudah terbakar.

Hal tersebut dibuktikan oleh video yang dibuat oleh mantan drummer grup band Nirvana dan pentolan dari grup band Foo Fighter, Dave Grohl. Dalam video diperlihatkan Dave Grohl memegang satu botol creamer bubuk dan menuangkannya ke atas korek, dan hasilnya?

Bubuk creamer tersebut terbakar dengan mudahnya. Menyeramkan bukan? Pastinya Anda akan berpikir dua kali untuk memakai creamer bubuk, sepertinya dengan hanya menggunakan gula merupakan pilihan yang baik.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement