Senin 07 Sep 2015 14:03 WIB

Begini Cara Mengajarkan Sopan Santun pada Anak

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Mendidik anak (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Mendidik anak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  Ketika Anda menjadi orangtua, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah gaya hidup yang tidak benar.

Kemudian lakukanlah hal penting berikut ini, seperti dilansir dari Boldsky Senin (7/9).

Berhenti Bertengkar di depan Anak

Jika bertengkar dengan pasangan di depan anak-anak, ini akan berefek dan dapat merusak pikiran mereka. Mereka tidak akan pernah menunjukkan rasa takut pada siapapun dalam hidupnya kelak. Mereka akan melawan orang tua dan orang lainnya ketika anak itu dewasa.

Meminta maaf

Jika Anda melakukan hal ini, anak akan belajar meminta maaf dan akan menumbuhkan perilaku yang baik. Ketika Anda salah dan mengatakan maaf kepada pasangan Anda di depan mereka, mereka juga belajar menerima kesalahan. Anak tidak akan takut untuk mengatakan maaf.

Menunjukkan Kepedulian

Jika pasangan membutuhkan perawatan ekstra, tunjukkan perhatian kepadanya. Temanilah pasangan Anda ke dokter, dan ambillah cuti pekerjaan, sehingga bisa menemani pasangan di rumah sakit. Ini adalah salah satu tips terbaik untuk mengajarkan sopan santun kepada anak.

Memecahkan Masalah yang Sulit

Jika Anda mempunyai masalah keuangan atau kesehatan maka selesaikanlah secara bersama dan tetaplah bahagia. Ingatlah bahwa anak-anak juga akan melihat ketika Anda dalam masa-masa yang sulit. Mereka akan belajar cara memecahkan masalah jika Anda memecahkan masalah itu dengan hati yang berani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement