Ahad 30 Aug 2015 06:33 WIB

Cara Sehat Menghilangkan Stres

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Berjemur di bawah matahari bantu cegah stres
Foto: Huffingtonpost
Berjemur di bawah matahari bantu cegah stres

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam menjalani aktifitas di Jakarta yang padat akan kemacetan, pastilah Anda sering dihadapkan dengan stres.

Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir, karena secara medis telah terbukti ada cara-cara tertentu untuk mengatasi stres dengan cara meningkatkan mood.

Kabar baiknya bahwa Anda dapat mengobati kesedihan, stres, kecemasan tanpa obat apapun. Ada beberapa tips terbukti secara medis untuk menghilangkan stres. Berikut ulasannya seperti dilansir dalam laman Boldsky Ahad (30/8).

Hindari Berpikir Secara Berlebihan

Pemikiran obsesif akan melepaskan hormon stres seperti kortisol yang selanjutnya membuat Anda tidak bahagia dan merusak kesehatan Anda. Jika Anda adalah orang yang berpikiran lebih pada hal tertentu, Anda mungkin merasa sulit untuk menjadi bahagia. Padahal, berpikir secara berlebihan  akan merusak kesehatan mental dan fisik Anda.

Pergi Keluar dan Bersantailah

Tinggal di dalam ruangan dan menonton televisi merupakan alasan utama menjadi bahagia, seperti kesempatan yang Anda lewatkan untuk menghirup udara segar dan juga kehilangan kekuatan penyembuhan alam. Sinar matahari juga dapat membantu tubuh untuk membuat vitamin D yang meredakan depresi dan membuat Anda merasa bahagia. Jadi, biasakan untuk pergi keluar dan Anda tidak perlu selalu alasan untuk jalan-jalan.

Hindari Menjadi Seorang Pekerja Ekstra

Telah terbukti dalam sebuah penelitian bahwa orang yang bekerja lebih dari 10 jam sehari lebih tertekan karena mereka menghadapi lebih banyak pekerjaan terkait stres. Mereka juga mendapatkan sedikit waktu untuk tidur dan untuk keluarga. Sehingga hal ini membuat mereka tidak bahagia. Coba kurangi jam kerja Anda untuk menghilangkan stres terkait pekerjaan.

Jangan Duduk di Kegelapan

Jika Anda suka duduk dalam gelap, hindari kebiasaan ini karena akan membuat Anda merasa tertekan. Bersantailah di kamar Anda dan duduk di cahaya terang untuk meningkatkan suasana hati. Hanya beberapa minggu Anda melakukan ini telah terbukti membuat seseorang bahagia.

Biarkan Wajah Terkena Matahari Selama 15 Menit

Menjemur wajah dibawah sinar matahari pagi selama 15 menit akan membuat Anda merasa baik dan gembira. Cahaya matahari dan angin pagi dapat membantu untuk melepaskan bahan kimia bahagia dari otak. Melakukan kebiasaan ini di pagi hari, dapat membantu Anda mengurangi stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement