Selasa 25 Aug 2015 10:02 WIB

Menikmati Hamparan Luas Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang
Foto: Republika/Hazliansyah
Waduk Jatibarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Meski tidak terbilang baru, namun masih banyak yang belum tahu tentang destinasi wisata di Semarang yang satu ini. Adalah Waduk Jatibarang.

Seperti apa tempatnya?

Waduk Jatibarang lokasinya ada di kawasan Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunungpati. Karena itu mencari lokasi waduk ini tidaklah sulit. Tepatnya sekitar 8 kilometer dari Tugu Muda.

 

Sebelum masuk ke kawasan Desa Wisata ini, kita akan disuguhkan jalanan menanjak yang sedikit berkelok. Namun rindangnya pepohonan di sebelah kanan dan kiri membuat udara di daerah ini terasa sejuk.

Setelah melewati gerbang kawasan, kita langsung bisa melihat pemandangan waduk yang menawan. Luasnya bentangan air yang dikelilingi perbukitan kecil ditambah terpaan angin menjadi sajian awal yang mengasyikkan dari lokasi ini.

Untuk bisa melihat waduk lebih jelas, kita harus menuruni anak tangga yang berjumlah 108. Dari sanalah para wisatawan akan menemukan satu tempat yang akan memberikan view luar biasa, jembatan merah nan megah. Di titik ini pengunjung bisa melihat ke seluruh sisi waduk.

Di sebelah kiri jembatan kita akan melihat hilir sungai Kreo yang menjadi sumber air waduk yang memiliki daya tampung 20,4 juta meter kubik. Sementara di sisi kanan akan terlihat betapa megah dan kokohnya bendungan yang memiliki tinggi 74 meter, panjang puncak 200 meter dan lebar puncak 10 meter.

Titik ini menjadi favorit para pengunjung. Sebab, selain pemandangan yang memukau, lokasi ini juga dipenuhi ratusan kera ekor panjang yang telah menghuni daerah ini sejak lama. Bercanda atau sekadar melihat tingkah mereka menjadi sajian yang tersendiri.

Jika ingin merasakan lebih jauh lagi kehadiran waduk, anda bisa turun ke sisi waduk. Di sana terdapat wahana air seperti perahu kecil atau bahkan speed boat yang bisa anda sewa mengelilingi waduk.

Tertarik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement