Selasa 25 Aug 2015 07:46 WIB

Jateng Perbanyak Guide Khusus Wisman Cina

Menteri Pariwisata meninjau Klenteng Sam Po Kong
Foto: Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata
Menteri Pariwisata meninjau Klenteng Sam Po Kong

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berbenah untuk menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) khususnya asal Cina. Hal pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan guide (pemandu wisata) khusus wisman Cina.

"Sementara ini turis Cina yang masuk kita memang kesulitan guide, karena itu kita masih ambil dari Yogya," Prasetyo Ariwibowo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuayaan Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Prasetyo mengatakan, wisman asal Cina memiliki karakteristik tersendiri. Untuk itu keberadaan guide untuk menyambut kedatangan mereka sangatlah penting.

"Sementara ini kita baru punya 20 guide, tapi kita akan terus tambah dengan memberikan pelatihan," kata Prasetyo.

Selain itu Prasetyo mengatakan pihaknya juga memetakan destinasi-destinasi lain yang ada di Jawa Tengah untuk bisa menjadi daya tarik wisman.

"Karena turis Cina itu mereka ingin yang one stop service, berwisata sekaligus belanja di lokasi itu. Kita sedang cari dan setting beberapa tempat," ujar dia.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata secara resmi memasukkan perayaan kedatangan Laksamana Cheng Ho yang digelar setiap tahunnya di Semarang. Perayaan yang berlangsung selama dua hari ini selalu menyedot perhatian ribuan orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement