Senin 24 Aug 2015 06:33 WIB

Bisnis Kuliner yang Sukses Mutlak Membutuhkan Kreativitas Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
erani berinovasi dengan bahan baku yang berkualitas untuk menciptakan cita rasa yang disukai pelanggan akan menjadi penentu dari kelangsungan usaha kuliner.
Foto: EPA
erani berinovasi dengan bahan baku yang berkualitas untuk menciptakan cita rasa yang disukai pelanggan akan menjadi penentu dari kelangsungan usaha kuliner.

REPUBLIKA.CO.ID, Industri penyediaan makanan dan minuman atau food service, yaitu kafe, bakery dan restoran besar maupun kecil, semakin berkembang pesat di Indonesia selama 10 tahun terakhir. Hal ini diperkuat dengan hasil laporan Kementerian Pariwisata yang mencatat pada 2013, sektor kuliner memberikan kontribusi nilai tambah bruto sebesar Rp 208,6 triliun dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 4,5 persen dari tahun 2012 hingga 2013.

“Pertumbuhan industri food service di Indonesia sangat pesat. Hal ini tidak terlepas dari gaya hidup masyarakat saat ini yang lebih memilih kafe atau restoran sebagai tempat untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Jumlah kafe, restoran besar dan kecil dengan berbagai macam konsep desain yang unik, menarik dan memberikan kenyaman bagi pelanggannya juga semakin banyak kita temui,” ungkap Marketing & Insights Manager Fonterra Foodservices Indonesia, Anindita Sari, dalam acara diskusi media bertajuk “Berbagi Kisah Manis Kesuksesan Bisnis Cake Bersama Fonterra Foodservices” di Grand Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bersaing dari sisi desain dan konsep tata ruang saja tentu tidak cukup. Berani berinovasi dengan bahan baku yang berkualitas untuk menciptakan cita rasa yang disukai pelanggan akan menjadi penentu dari kelangsungan usaha food service itu sendiri.

“Yang dibutuhkan pelaku bisnis kafe, restoran besar atau kecil adalah kreativitas dan jangan terpaku dengan bentuk dan rasa kue yang biasa, tapi mencoba untuk menciptakan cita rasa yang luar biasa,” kata Anindita menjelaskan.

Sebagai salah satu pemasok produk-produk susu dan olahan terkemuka bagi para pelaku bisnis food service di Indonesia, Fonterra Foodservices, unit bisnis dari Fonterra Brands Indonesia, memahami betul bahwa inovasi produk tanpa melupakan cita rasa adalah nilai tambah dan kekuatan bagi produk yang dijual.

“Berawal dari pemikiran tersebut, Fonterra Foodservices berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri kuliner dan food service. Dimulai dari menyediakan produk produk mentega, susu, keju, krim keju, krim khusus untuk whipping dan cooking, serta krim UHT dan produk berbasis susu dengan kualitas tinggi lainnya, Fonterra juga memberikan layanan dan solusi terbaik kepada para mitra bisnisnya dengan bersama-sama mengembangkan keahlian, keterampilan dan pengetahuan para chef,” ujarnya memaparkan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement