Ahad 23 Aug 2015 13:28 WIB

Mengintip Surga Tersembunyi di Balik Perbukitan Menoreh

Objek Wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta
Foto: Dok: Sendy Aditya S
Objek Wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak hal baru yang bermunculan dari kota ini. Kembali ke Yogyakarta, sama dengan kembali menemukan petualangan baru. Tak terkecuali dengan objek wisata di daerah ini.

Menempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam setengah dari Kota Yogyakarta, atau sekitar 40 kilometer jarak yang harus dilalui, Anda akan sampai pada sebuah pemandangan alam menakjubkan. Perjalanan berliku, melewati medan terjal dan jalan bebatuan, membuat keindahan ini begitu tersimpan rapi. Sebelum melewati jalur pendakian yang cukup membuat jantung berdegup, Anda akan disajikan keindahan pemandangan waduk Sermo.

Begitu memasuki kawasan Desa Wisata Kalibiru, nama objek wisata yang sedang menjadi tren di media sosial ini, Anda akan menempuh perjalanan sepanjang 2.5 kilometer dengan medan jalan menanjak dengan sudut kemiringan 30 hingga 45 derajat. Mata ini akan dimanjakan oleh pemandangan hutan pinus yang berupaya menyembunyikan keindahan waduk Sermo. Jalan yang sempit pun hanya dapat ditempuh oleh satu mobil. Sementara untuk dilewati mobil dari arah sebaliknya akan melewati proses antrian, atau buka tutup jalan.

Tak perlu khawatir, rasa cemas akan terbayarkan bila Anda sudah tiba di atas ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini. Bernama Objek Wisata Kalibiru, Anda akan terpana akan kecantikan tersembunyi dari bukit menoreh yang berpadu dengan keindahan hutan pinus. Anda hanya membutuhkan uang sebesar Rp 5 ribu untuk masuk ke dalam objek wisata yang dikelola oleh kelompok tani itu.

Untuk sampai pada titik tertinggi, Anda perlu mendaki. Melewati beberapa cottage yang mampu menampung wisatawan sebanyak 10 orang. Selain itu Anda juga perlu berjalan kaki menyusuri jalan semen yang beratasan langsung dengan jurang hutan. Tenang, jalan yang dilalui merupakan aspal bagus dan rata. Anda akan melewati beberapa anak tangga, mendaki atau menurun hanya untuk mencari tempat yang paling tepat untuk mengabadikan keindahan surga tersembunyi di balik perbukitan Menoreh. Bila Anda ingin melihat keindahan waduk Sermo dari ketinggian, Anda hanya perlu merogoh uang sebesar Rp 35 ribu untuk bermain outbound dan berfoto di atasnya.

Dari atas ketinggian, Anda tak hanya dapat melihat waduk Sermo, melainkan buih-buih ombak di pantai selatan. Namun ini hanya dapat terlihat bila cuaca sedang cerah. Jika mendung, Anda hanya bisa menikmati keindahan bukit menoreh dan waduk Sermo. Di area ini juga terdapat empat spot foto yang diincar para wisatawan yang datang ke tempat ini. Empat bangku kayu yang berdiri di atas pohon, membutuhkan pengaman untuk sampai ke atas dan seorang pemandu. Anda akan merasakan udara segar begitu sampai ke atasnya.

Cukup merogoh uang sebesar Rp 15 ribu Anda selama tiga menit dapat berpuas hati berfoto dengan gaya apapun di atas sana. Tanpa malu-malu banyak wisatawan membawa properti mereka sendiri untuk menampilkan foto dengan suasana lebih dramatis. Objek wisata Kalibiru ini sudah mulai dibuka untuk umum sejak 2009 silam, namun pada tahun 2014 objek wisata ini mulai ramai dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik.

Berada di atas lahan negara seluas 29 hektar, hanya sekitar 7 persen yang dikelola menjadi pariwisata. Objek wisata Kalibiru merupakan bentuk pengelolaan wisata yang baik masyarakat Kulonprogo dengan pengelola hutan demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah mereka. Bahkan, tak segan pula masyarakat setempat menyumbangkan ide dan inovasi terbaru agar objek wisata ini selalu menjadi alternatif wisatawan yang sudah terlalu sering berkunjung ke Yogyakarta.

Keindahan alam Kalibiru membuat kita semua merasa bersyukur, tak pernah ada ciptaan Tuhan yang mengecewakan umatNya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement