Ahad 23 Aug 2015 09:19 WIB

Mengintip Kota Tertua yang Ada di Dunia

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Damaskus
Foto: Womanitely
Damaskus

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah negara memiliki kota-kota yang mempertahankan bangunan-bangunan kuno. Namun, tenyata diantaranya merupakan kota tertua di dunia.

Berikut kota-kota tertua di dunia yang dilansir di laman Womanitely Ahad (23/8).

Damaskus, Suriah

Damaskus merupakan ibukota Suriah yang memiliki jumlah warga lebih dari 4,5 juta orang. Terletak di antara Afrika dan Asia, kota ini memiliki lokasi geografis yang menguntungkan bagi negaranya yaitu Suriah. Damaskus dihuni sejak tahun 4300 SM, meskipun beberapa kalangan mengklaim kota ini dihuni sejak 10.00 SM. Damaskus merupakan salah satu daerah yang ditaklukan Alexander Agung dan kini menjadi tujuan wisata sejarah terpopuler di dunia.

Athena, Yunani

Athena adalah ibu kota Yunani yang saat ini dihuni penduduk sekitar 3 juta orang. Kota ini ditemukan pada tahun 7.000 SM. Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjugi kota ini adalah Acropolis (kota tinggi), sebuah bukit besar dengan sisa-sisa bangunan kuno. Dari atas bukit ini kita dapat meilhat keseluruhan indahnya kota Athena.

Byblos, Lebanon

Boyblos dihuni dan didirikan oleh orang-orang Yunani yang menamakan dirinya Gebal sejak tahun 5000 SM. Jika berkunjung ke kota ini, Anda akan menjumpai beberapa kuil kuno seperti Phoenician, Byblos Castle dan Gereja St John yang banyak menyimpan cerita sejarah.

Yerusalem, Israel

Yerusalem adalah salah satu kota suci bagi agama Kristen. Menurut Alkitab, Yerusalem didirikan sebagai ibu kota kerajaan Israel oleh David, saat Yerusalem dihuni oleh 800.000 warga yang 60 persen lebih besar pada waktu itu beragama Yahudi. Selama bertahun-tahun Yerusalem telah mengalami beberapa kejadian tragis yaitu berbagai serangan, pengepungan dan penghancuran. Pada tahun 1981 salah satu kota tua ini ditambahkan ke Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement