Sabtu 22 Aug 2015 15:44 WIB

Komunitas Indo Runners Bagi Tips Berlari

Olahraga joging membakar lebih banyak kalori dari berjalan kaki.
Foto: AP
Olahraga joging membakar lebih banyak kalori dari berjalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, Tren lari sepertinya sedang mewabah di Indonesia bebeberapa tahun belakangan ini. Berbagai kegiatan lari digelar sebagai bagian dari gaya hidup kaum urban seperti lari pagi di Ahad, lari trail, bahkan lari setiap Kamis malam di FX hingga Bunderan HI di Jakarta.

Bagi Anda para pelari mula, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Lari memang terlihat seperti olah raga mudah yang bisa dilakukan siapa saja, namun jika tidak dilakukan dengan benar bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Co-founder komunitas lari Indo Runners, Yomi Wardhana, mengatakan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan bagi para pelari mula di antaranya adalah melakukan persiapan yang baik. "Gunakanlah baju dan celana olah raga. Pakai sepatu lari supaya terhidar dari cidera," kata Yomi yang sehari-hari bekerja sebagai redaktur pelaksana di majalah Men's Health itu di Jakarta, Sabtu (22/8).

Romi menambahkan, untuk teknik berlari, setiap individu memiliki gaya masing-masing. Tak ada aturan tertentu untuk lari yang efisien.

"Setiap individu itu beda-beda karena jenis kaki kita juga beda-beda, ada yang rata ada yang bengkok. Beda bentuk kaki beda juga tingkat keefisienan larinya. Lari yang efisien adalah lari yang mengikuti irama jantung karena kalau tidak sesuai irama bisa selesai lebih cepat akibat kecapaian. Lari saja ikuti kemampuan diri. Jangan ikuti teman. Jangan memaksakan diri," kata Yomi.

Jika Anda ingin ikut lari maraton (lebih dari 42 kilometer), maka dianjurkan untuk melakukan persiapan jauh-jauh hari. Yomi mengatakan, orang yang boleh ikut lari marathon setidaknya sudah pernah lari 5 kilometer dan 10 kilometer.

"Marathn butuh latihan. Ketahui seberapa kuat tubuh bisa berlari. Kalau sudah konstan bisa lari 5K lalu 10K baru latihan kekuatan kardio. Intinya untuk melatih jantung supaya bisa menyerap oksigen sebanyak-banyaknya," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement