Rabu 19 Aug 2015 08:34 WIB

100 Yacht dari Berbagai Negara Dipastikan Ramaikan Festival Boalemo 2015

Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata
Foto: ist
Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu event yang bakal mengangkat potensi wisata bahari Indonesia, Festival Boalemo siap digelar. Festival yang merupakan rangkaian dari ajang Sail Tomini ini dipastikan berlangsung meriah dengan kehadiran 100 kapal yacht yang datang dari berbagai negara. Seperti Australia, Prancis, Belanda, Inggris, Selandia Baru, Malaysia, Kanada dan Amerika. 

Kapal Yacht tersebut akan datang ke Festival Boalemo pada tanggal 9-14 September di Pantai Bolihutuo, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. 

"Kapal Yacht yang sudah konfirmasi untuk hadir sampai dengan tanggal 12 Agustus 2015 sebanyak 68 kapal yacht," ujar Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dalam keterangan tertulis yang diterima Republika Online (ROL), Rabu (19/8). 

Esthy mengatakan, festival ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan pengembangan potensi sumberdaya kelautan dan pariwisata Indonesia guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya, khususnya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil serta menjadikan Boalemo sebagai daerah tujuanwisata nasional dan internasional. Sera meningkatkan perekonomian daerah terutama sektor pariwisata bahari. 

 

"100 kapal Yacht membawa keluarga dan kru minimal satu kapal dengan tiga hingga empat orang dengan rata-rata pengeluaran per orang perhari 105 dolar AS terdiri dari BBM, makan, minum dan belanja. Sehingga kalau dikalikan dengan 400 orang, pengeluaran wisman perhari 42.000 dolar AS memberikan dampak terhadap masyarakat sekitar dan negara," ujarnya.  

Untuk menyemarakkan festival tersebut juga akan digelar berbagai kegiatan, seperti Festival Timbilotohe, Festival Layang-Layang, Pemilihan Nou dan Uti (Duta Wisata Tahun 2015), Festival Kuliner, Lomba Bahari (Lomba Jetski, Perahu Dayung dan Selam), Yacht Rally (Kunjungan Kapal Layar), Gelar Budaya Multi Etnis, Festival Karawo, Tebar Benih di Apartemen Ikan (yupi) dan pameran potensi daerah. 

Serta tidak ketinggalan atraksi dan seni budaya khas Sulawesi Tengah dan Gorontalo, kuliner daerah, handycraft, batu akik dan penampilan artis-artis Indonesia. 

"Melalui Festival Boalemo ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Gorontalo dan wilayah sekitarnya," ujar Esthy. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement