Selasa 18 Aug 2015 10:05 WIB

Alasan Hotel Q Grand Dafam Usung Konsep Syariah di Banjarbaru

Q Grand Dafam Hotel Banjarbaru
Foto: Dok: Dafam Hotel
Q Grand Dafam Hotel Banjarbaru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah setahun beroperasi, Hotel Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru mampu menarik perhatian wisatawan Muslim. Baik dari luar Kalimantan Selatan ataupun wisatawan domestik yang ada di daerah tersebut.

Kehadiran Q Grand Dafam Hotel Banjarbaru juga merupakan hotel syariah pertama yang dikelola oleh Dafam Management. Pemilik hotel ini, Haji Norhin mengungkapkan alasan dirinya mengembangkan hotel syariah. Menurut dia, masyarakat di Banjarbaru sudah terkenal akan kereligiusannya, dan untuk mendukung itu, pembangunan sarana hiburan maupun hunian harus syariah.

"Tidak ada alkohol, tidak ada tempat spa di hotel ini. Semua fasilitas dibangun guna menunjang kebutuhan wisatawan Muslim yang sedang berkunjung ke Banjarbaru," kata dia beberapa waktu lalu.

Dikatakan lebih lanjut, semua fasilitas di hotel ini syariah. Bahkan lift yang menghubungkan mal dengan hotel dibuat terpisah. "Hal ini untuk mengontrol para tamu tidak membawa pasangan yang bukan muhrimnya. Kami ingin memastikan semua wisatawan yang datang adalah pasangan suami istri dan keluarga yang sedang berlibur," kata dia menjelaskan.

Ditambahkan oleh Andhy Irawan selaku Managing Director Dafam Hotel Management, hotel ini menekankan kepada staf untuk berpakaian bernuansa Islami. "Yang perempuan wajib mengenakan kerudung dan berbaju panjang, yang laki-laki berpakaian sopan," kata dia.

Hotel dengan label bintang empat ini bukan sembarang mengusung konsep syariah. Hal ini dibuktikan dengan adanya mukena, sarung, sajadah, dan alquran di setiap kamar hotel. Demi menunjang kebutuhan ibadah para tamu Muslim yang datang, di setiap kamar juga disediakan speaker. Ini berfungsi untuk mengumandangkan suara azan ketika waktu shalat telah tiba.

Selain itu, desain di dalam hotel pun bernuansa Timur Tengah. Terlihat dari desain interior ballroom berkapasitas 2500 orang yang dihiasi oleh lampu-lampu kristal, permadani yang membuat wisatawan merasa betah berlama-lama memandangi keindahan interior di dalamnya.

Hotel yang berlokasi di jantung Kota Banjarbaru ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Bandara Banjarbaru Syamsudin Noor. Memiliki 7 lantai yang menyatu dengan Q Mall dengan 148 kamar. Hotel syariah ini juga dilengkapi fasilitas seperti Tanuhi Swimming Pool, Sandayuhan Smart Gym, Kweni Sky Garden, Junjung Buih Restoran, Kasturi Lounge, meeting room.Selain itu terdapat pula Mushala Al Madinah di lantai empat guna memudahkan wisatawan yang menginap untuk melakukan ibadah shalat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement