Senin 17 Aug 2015 21:54 WIB
Perayaan 17 Agustus

Belajar Sejarah Perjuangan Kemerdekaan dari Aksi Teater

Rep: MgROL44/ Red: Dwi Murdaningsih
Pementasan teater kemerdekaan di Kidzania, Senin (17/8).
Foto: Republika/Rendi Pratama
Pementasan teater kemerdekaan di Kidzania, Senin (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak cara untuk memeriahkan kemerdekaan RI. Tujuh pupuh tahun Indonesia merdeka, anak-anak juga memiliki caramya sendiri untuk merayakan HUT RI. Di Kidzania, Jakarta, ada beberapa program dan atraksi menarik yang dipersembahkan oleh anak-anak dan untuk anak-anak.

Salah satu pertunjukkan yang dipersembahkan KidZania adalah teater perjuangan meraih kemeredekaan Indonesia. Teater ini diperankan langsung oleh anak-anak yang sedang berkunjung di Taman Kidzania dibantu beberapa karyawan dalam memerankan tokoh nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pertunjukkan teater ini seru karena anak-anak bisa ikut bermain dan merasakan atmosfer perjuangan para pendiri bangsa dalam meraih kemerdekaan dari tangan penjajah pada zaman itu. “Dari awal ikut main teater sih seru banget tapi aku nervous saat di panggung tadi," ujar Rayta, salah satu pengunjung KidZania yang bermain dalam teater, saat ditemui ROL pada Senin (17/8).

Rayta bersama 10 pengunjung KidZania Jakarta lainnya ikut serta bermain teater bertema perjuangan kemerdekaan Indonesia. Anak-anak ini berperan sebagai pemuda pejuang bagian tim perebut kemerdekaan. Mereka jugalah yang mengabarkan akan datangnya hari kemerdekaan kepada rakyat Indonesia.

Humas KidZania Jakarta Pasto berharap teater kemerdekaan ini bisa ingin membangun rasa nasionalis kepada anak tentang hari kemerdekaan Indonesia. Menurut dia, dengan bermain teater, anak-anak bisa menyerap pelajaran sejarah perjuangan kemerdekaan. "Melalui metode experiental learning dan fun learning yang diterapkan di setiap establishment di KidZania Jakarta termasuk di teater, anak-anak mampu menyerap pelajaran sejarah dan nilai kebangsaan secara maksimal."

Selain menggelar teater bertema perjuangan kemerdekaan Indonesia, para pengunjung bisa mengikuti banyak kegiatan spesial bertema kemerdekaan pada tanggal 15 – 17 Agustus 2015, seperti membacakan berita tentang sejarah Indonesia, melukis dan menggambar, menulis artikel perayaan hari kemerdekaan serta menghias kue dengan tema hari kemerdekaan.  Asyiknya lagi, bagi anak yang berulang tahun pada 17 Agustus 2015 mendapatkan diskon tiket masuk sebesar 25 persen. Selain itu, diskon 20 persen diberikan untuk pembelian merchandise KidZania, promo ini berlaku selama bulan Agustus 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement