Ahad 16 Aug 2015 02:47 WIB

Di Tempat Ini, Ribuan Petir Bergelegar Tiap Jam

Rep: c21/ Red: Dwi Murdaningsih
Danau Maracaibo di Venezuela
Foto: Daily Mail
Danau Maracaibo di Venezuela

REPUBLIKA.CO.ID, VENEZUELA -- Anda takut petir? Jika Anda takut petir, ada baiknya Anda jangan berkunjung ke Danau Maracaibo di Venezuela. Sebab, di tempat itu kerap terjadi petir. Petir terjadi dalam frekuensi yang sangat sering. Bahkan, mencapai seribu petir setiap jam. Sepanjang tahun, ada 260 hari dimana danau ini akan dipenuhi dengan badai petir.

Rupanya, badai petir yang terjadi di tempat ini justru memikat wisatawan dan penduduk lokal dari generasi ke generasi. Badai petir ini telah menjadi simbol kebanggaan bagi rakyat Venezuela. Beberapa teori menjelaskan badai petir terjadi terus menerus. Danau ini mempunyai cekungan yang dikelilingi pegunungan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya angin hangat, yang bertiup dari arah Karibia.

Angin kencang yang menyapu di sekitar danau menyebabkan terbentuknya awan ketika bertemu pegunungan Andes. Berbagai kondisi danau tersebut membuat ilmuwan menyimpulkan angin yang menabrak udara dingin ini mempermudah proses kondensasi menjadi awan sehingga mendorong terbentuknya 28 petir setiap menit.

"Penyimpangan topografi, adanya lereng pegunungan dan garis pantai yang melengkung bisa menghaslkan pola angin, pemanasan dan pendinginan yang memungkinkan terjadinya badai petir," ujar Daniel Cecil dari Pusat Penelitian Iklim dan Hidrologi kepada BBC, seperti dilansir Daily Mail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement