Kamis 13 Aug 2015 04:45 WIB

Penyebab Kulit Menjadi Kering dan Solusi Mengatasinya

Kulit tangan Wanita (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Kulit tangan Wanita (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Musim panas seperti saat ini tak ayal membuat tubuh Anda cepat merasa gerah. Itu pula yang dirasakan oleh kulit. Kulit menjadi kusam, kering dang terlihat pecah-pecah.

Dilansir dari Health Kamis (13/8) berikut beberapa penjelasan kulit menjadi kering dan bagaimana mengatasinya.

Musim dingin

Indonesia memang tidak mengalami musim dingin seperti salju. Namun dingin yang dimaksud disini bisa pula kondisi ruangan dengan AC cukup tinggi. Dingin yang disebabkan AC dalam ruangan dapat membuat kulit, baik itu pun kulit bibir atau wajah menjadi kering. Untuk melembabkannya, gunakan lotion pada tangan yang kering, pelembab wajah dan bibir di area yang mudah mengering bila suhu terlalu dingin.

Mandi uap

Kehangatan yang dihasilkan dari mandi uap memang membuat tubuh menjadi rileks. Eits jangan salah, kulit Anda tidak merasakan hal yang sama. Uap air dipercaya dapat mengeringkan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh. Sehingga kulit lebih cepat terlihat bersisik. Solusinya lebih baik Anda mengatur ulang uap menjadi hangat dan mengurangi durasi berada di dalam sana.

Sabun

Hati-hati dalam menggunakan produk kecantikan seperti sabun. Meski banyak produk yang menawarkan kelembaban kulit, ternyata tak semuanya benar. Bila Anda tidak cocok dengan salah satu merek sabun yang ada, kulit akan menjadi kering dan kusam.

Menggosok

Anda menggunakan sponge mandi dan menggosokannya ke tubuh? Lebih baik kebiasaan ini segera dihentikan. Pasalnya, hal inilah yang justru membuat kulit menjadi kering. Gunakan tangan dan menggosoknya perlahan, itu sangat disarankan.

Menggunakan lotion

Ada beberapa kriteria kulit yang memang dari awal sudah kering. Namun Anda tak perlu bersedih hati. Pilihlah lotion yang bersifat melembabkan, menjaga kehalusan kulit dan gunakan setiap habis mandi. Ini mengurangi dampak kulit kering yang berakibat pada berubahnya warna menjadi kusam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement