Selasa 11 Aug 2015 07:45 WIB

Dengan Pemanas Tepat, Coklat Bisa Digunakan Berulang Kali

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Coklat
Foto: Telegraph
Coklat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Coklat menjadi camilan favorit tidak hanya bagi anak-anak, orang dewasa pun sangat menggemari makanan manis ini. Coklat bisa dikonsumsi dengan cara langsung memakannya atau justru dapat dilelehkan untuk diolah dengan bahan lain.

Ketika coklat sudah dilelehkan, terkadang masih ada yang tersisa dari lelehan coklat tersebut. Menurut Chef Chef Agus Supardi selaku Research Development di Chocomory, coklat yang sudah dilelehkan dapat kembali digunakan.

"Ngga ada timing-nya itu bisa dilelehkan berapa kali, yang penting waktu kita melelehkannya yang harus diperhatikan adalah si panasnya," ujar Chef Agus saat ditemui ROL di Cimory Riverside, Puncak Bogor, belum lama ini.

Ia menjelaskan bahwa saat mengolah coklat agar meleleh berada pada suhu 45 hingga 50 derajat celcius, tidak boleh lebih. Hal ini disebabkan karena jika coklat dimasak terlalu panas maka akan terjadi pemisahan dengan lemak coklat, sehingga membuat coklat justru mengeras.

Menurut Chef Agus, selain cara memanaskannya, hal lain yang berpengaruh untuk menggunakan coklat adalah kebersihan tempat pengolahan dan juga tidak ada kontaminasi dengan air.

Saat coklat terkontaminasi dengan air, coklat akan menggumpal sehingga menjadi keras. Meski secara tekstur coklat ini sudah rusak, tapi menurut Chef Agus, coklat ini masih dapat dimakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement