Senin 10 Aug 2015 13:43 WIB

'Wonderful Indonesia' Juga Dipasang di Media Online Internasional

Menpar Arief Yahya saat peresmian Vihara Ksitigarbha Bodhisattua, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Foto: ROL/Winda Destiana
Menpar Arief Yahya saat peresmian Vihara Ksitigarbha Bodhisattua, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya melakukan promosi Wonderful Indonesia di media televisi, Kementerian Pariwisata juga menggenjot promosi pariwisata di media online. Hal ini mengingat penetrasi media online atau sosial media yang begitu tinggi dan luas.

“Kami juga genjot promosi Wonderful Indonesia di Google, Search Engine Marketing, Banner Ad, dan Video Ad.Jumlahnya lebih dari 120.000.000 impressions, lebih dari 2.000.000 views. Waktu tayangnya, lebih dari 385 hari di berbagai media, periode 17 Agustus sampai 31 Desember,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika Online (ROL), Senin (10/8).

“Di Google, kami mainkan Search Engine (Search Marketing), Display Network, Youtube Masthead, Youtube Unskippable Pre-Roll, Youtube Skippable TrueView - di atas 30 detik dan Youtube Video Placement di Singapura, Malaysia & Jepang," tambah Menpar.

Pemasangan promo juga dilakukan di situs Tripadvisor, seperti di Homepage Hero Sponsorship, Display Advertising Placement, New Guide Sponsorship, Structured Travel Blog, Social Media Entitlements, Audience Extension, dan Mobile Ads.

Menpar juga melakukan hal yang sama di media cetak. Selama periode 24 Agustus hingga 14 Desember 2015, sudah direncanakan pemasangan full color di Global Reach: The Economist, Bloomberg Businessweek, Forbes, Rock Square dan Travel & Leisure.

Lalu, Country Reach: China News Service (Tiongkok), Times, Golf Vacation, Today, Jetstar, Elle Singapore, dan Silverkris (Singapore), Berita Harian, Going Places, Golf Magazine, dan Jelita (Malaysia), Sydney Morning Herald, Women's Weekly, Vogue Australia, dan Sophisticate Traveller (Australia), Nikkei Business Associate Monthly, Tokyo Metropolitan, Yumiori Nationwide (Jepang), The Arab Traveler, Millenium Millenia (Timur Tengah).

“Kami juga promosikan di tahun 2015 melalui event, seperti di WTM 2015, PATA Mart 2015, JATA Expo 2015,” kata dia.

Selain itu, di billboard, bus wrap, bus panel, taxi wrap, bus shelter ad, LCD screen ad, LED screen ad, panel ad, juga tidak luput dari bidikan promosi pariwisata Indonesia.

“Jumlahnya ada lebih dari 2.700 spots, waktu penayangannya 5 detikan yang LED-LCD Screen, antara pukul 10.00-22.00 waktu setempat, dengan periode waktu 15 Juli – 31 Desember 2015," kata Menpar.

Di Korea: wonderful Indonesia dipasang di billboard, bus panel, bus shelter dan LED screen di Kota Busan dan Ibukota Seoul. Lalu, DOOH (videotron) di Lotte Dept. Store Seoul, periode Agustus - September 2015.

Di Negeri Jiran Malaysia: juga ada di billboard Kuala Lumpur dan sekitar. Di Tiongkok: LED Screen dan Vertical Digital Panel di ibukota Beijing dan pusat kota bisnis Shanghai. Di Jepang: billboard dan LED screen juga bertengger di Tokyo Railway dan Narita Airport.

"Di Arab Saudi kami bermain billboard di Jalan Raya antara Jeddah – Makkah. Belanda di bus panel, LED screen, panel di Amsterdam, Bandara Schiphol, Kota Den Haag, Kota Roterdam dan Utrecht. Di Inggris: kami pasang Taxi Wrap di London Black Cab Taxi. Target kami, 2019 wisman sudah tembus 20 juta orang,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement