Sabtu 08 Aug 2015 03:36 WIB

Konsumsi Makan Pedas Dipercaya Bisa Bantu Anda Hidup Lebih Lama

Rep: C11 / Red: Bayu Hermawan
Pasokan Cabai
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pasokan Cabai

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA -- Apakah anda suka mengonsumsi makanan dengan rasa yang begitu pedas? Apakah selanjutnya anda merasa bersalah karena makan makanan yang pedas? Ternyata, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Berdasarkan penelitian terbaru dari sejumlah 450 ribu partisipan, makanan pedas dipercaya justru dapat membantu hidup lebih lama.

Penelitian telah dikumpulkan selama tujuh tahun, beberapa orang yang mengonsumsi makanan panas (sebagian besar cabai) lebih dari satu kali sepekan dapat mengurangi risiko kematian sebesar 10 persen.

Sedangkan bagi orang yang lebih fanatik dengan mengonsumsi makanan pedas, yakni sampai enam kali atau lebih dalam sepekan mengurangi risiko kematian sebesar 14 persen.

Profesor nutrisi, Dr Lu Qi dari Harvard T.H Chan of Public Health mengungkapkan perlu banyak bukti untuk memverifikasi temuan tersebut.

"Kami membutuhkan lebih banyak bukti, terutama uji klinis untuk memastikan temuan ini," ujar Dr Lu Qi dilansir dari laman Metro, Sabtu (8/8).

Sementara itu, ketua asosiasi Inggris untuk terapan gizi dan pengobatan gizi,  Miguel Toribo-Mateas mengatakan rempah-rempah memang mengandung banyak manfaat.

"Saya setuju rempah-rempah menyediakan sumber polifenol, dari anti-oksidan sampai anti-inflamasi. Itu dapat menjelaskan hubungan antara rempah-rempah dengan kesehatan," ujar Mateas.

sumber : metro
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement