Jumat 07 Aug 2015 05:50 WIB

Ingin Langsing? Maka Tertawalah!

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Tertawa. Ilustrasi
Foto: Times of India
Tertawa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Semua wanita pasti ingin tampil cantik dan langsing. Untuk membentuk badan langsing ternyata tidak usah susah-susah mengikuti program diet dan olahraga, atau bahkan menjadi seorang vegetarian.

Jangan Khawatir, para ahli telah menemukan bahwa hanya dengan tertawa akan membuat Anda langsing. Ini bukan mitos! Pakar ilmu syaraf di University College London Sophie Scott mengatakan, suara tawa seseorang dapat mengaktifkan bagian kortikal di otak, yang kemudian akan memberi sinyal agar otot-otot wajah bergerak menyesuaikan. 

Berikut ini 4 alasan mengapa tertawa membuat Anda langsing, seperti dilansir dari meetdoctor, Kamis (6/8).

Tertawa Dapat Kurangi Stres

Menurut Psikolog Janice Kiecolt-Glaser, PhD dan Ahli Imunologi Ronald Glaser, PhD, dari Ohio State University College of Medicine yang menyatakan, saat tertawa kadar hormon kortisol atau hormon stres di dalam tubuh menurun. Semakin sedikit stres, semakin tinggi juga daya tahan Anda. Tertawalah lebih sering walau hanya tawa yang ringan.

Tertawa Bisa Membakar Kalori

Para peneliti dari Vanderbilt University di Nashville, Tennesse, menemukan bahwa tertawa terbahak-bahak mampu meningkatkan detak jantung sebanyak 10-20 persen. Artinya, tertawa selama 10-15 menit dapat membakar 10-40 kalori. Semakin sering Anda tertawa, semakin banyak juga kalori yang terbakar. Jadi, sering-seringlah tertawa di samping berolahraga.

Menurunkan Tekanan Darah

Tertawa juga bisa menurunkan tekanan darah yang kerap menjadi penyebab penyakit stroke atau serangan jantung. Anda sulit tertawa? Coba untuk memperbanyak koleksi film komedi atau banyak bergaul dengan orang yang humoris, lalu rasakan efek tidak langsung yang akan ditimbulkannya.

Jadi, hanya dengan tertawa, akan membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi bila merasa gemuk dan ingin lebih langsing, maka tertawalah dari sekarang sebelum ditertawakan orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement