Kamis 06 Aug 2015 05:06 WIB

Menjelajahi Pantai Berpasir Putih di Pulau Moreton

Rep: http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-08-05/menjelajahi-pantai-berpasir-putih-dan-situs-pd-ii-di-pulau-moreton-australia/1477670/ Red: Winda Destiana Putri
Pulau Moreton Australia
Foto: ABCNews
Pulau Moreton Australia

REPUBLIKA.CO.ID, Anda butuh sentuhan matahari dan pasir? Pulau Moreton adalah salah satu pulau berpasir terbesar di Australia dan salah satu rahasia terbaik Queensland. Seperti apa keindahan pantainya?

Pulau Moreton memiliki beberapa pantai terbaik dan paling tersembunyi di Queensland. Terletak 60 km di timur laut Brisbane, Queensland, pulau ini hampir 100persen berupa taman nasional, sementera kurang dari 300 penduduk hidup di 4 kompleks pemukiman yang ada di pulau ini.

Karena statusnya sebagai pulau berpasir, Moreton hanya bisa diakses dengan kendaraan berpenggerak 4 roda (4WD), yang harus diangkut via kapal.

Kapal itu akan sandar langsung di pantai- memungkinkan masyarakat untuk mengemudi mobil 4WD-nya langsung di pantai. Pulau ini terkenal dengan sejumlah bangkai kapal di pemukiman Tangalooma yang sengaja ditenggelamkan kembali pada 1960-an, untuk memberikan angin dan gelombang yang aman bagi kapal yang bersandar di sekitarnya. Pulau ini juga memiliki barang peninggalan Perang Dunia II.
 
Penempatan senjata dan benteng di garis pantai sebagai bagian dari pangkalan angkatan laut, terletak di Tangalooma selama tahun 1930-an dan 1940-an. Satu-satunya cara untuk keliling pulau adalah dengan mengendarai mobil berpenggerak 4 roda (4WD) karena semua jalanannya berpasir. 
 
Mercusuar tertua di Queensland 'Tanjung Moreton' terletak di pulau ini dan pertama kali dinyalakan pada tahun 1857. Ia terbuat dari batu pasir dan terdaftar sebagai warisan budaya. Garis pantai sepanjang 37 kilometer yang membentang di pulau ini membuatnya sebagai tempat yang pas untuk melakukan eksplorasi. Matahari bersinar mencari jalan ketika awan badai di sore hari tengah bergerak.
 
Badai di sore hari adalah hal yang umum dari hidup di Queensland. Pelesir ke pulau ini adalah cara sempurna untuk menghabiskan musim dingin.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement