Rabu 29 Jul 2015 19:27 WIB

Keluarga Berkarakter Wujudkan Bangsa Berkarakter

Rep: RR Laeny Sulistywati/ Red: Indira Rezkisari
Bapak dan Anak Main bola di Lapangan (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Bapak dan Anak Main bola di Lapangan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty keluarga yang berkarakter akan terwujud bangsa yang berkarakter.

“Karena, keluarga merupakan lingkungan hidup primer dan fundamental dalam pembentukan kepribadian bangsa. Persemaian nilai-nilai seperti agama, kemanusiaan, kebangsaan, keadilan sosial, dan moral secara praktis akan berproses dan ditentukan oleh keluarga,” katanya, saat acara seminar nasional peringatan hari keluarga nasional (harganas) ke-22, Rabu (29/7).

Sehingga, masing-masing individu yang berkarakter akan dapat mewujudkan keluarga dan bangsa yang berkarakter pula. Selain itu, keluarga merupakan pranata sosial pertama dan utama yang berfungsi strategis dalam membekali nilai kehidupan bagi anak manusia yang tengah tumbuh dan berkembang untuk mencari makna dalam perjalanan hidupnya. Dengan kata lain, kehidupan keluarga akan menentukan keadaan masyarakat, bangsa, dan negara. Selain sebagai unit sosial terkecil di masyarakat, pihaknya berharap keluarga dapat berperan sebagai agen perubahan.

“Keluarga menjadi wadah sosial utama membentuk generasi modern yang berkepribadian, berkarakter, disiplin, bertanggung jawab, dan siap bersaing di era globalisasi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement