Selasa 28 Jul 2015 19:00 WIB

Ingin Menjadi Vegetarian, Masukkan Kebiasaan Makan Baru

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Sayuran  (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Sayuran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin memiliki pola dan gaya hidup sehat? Saat ini bisa dikatakan mencari makanan dan gaya hidup sehat sulit untuk dilakukan dalam waktu bersamaan.

Hal ini dipicu dengan padatnya aktifitas sehari-hari dan melupakan makanan yang sehat bagi tubuh. Untuk menjadi vegetarian sangat mudah. Hindari makan daging dan makan berlemak lainnya. Pindah kebiasaan makan Anda ke makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Seperti dilansir Womanitely Selasa (28/7) berikut langkah mudah menjadi seorang vegetarian.

Memasukkan kebiasaan makan baru secara bertahap

Mulai dengan perlahan-lahan cobalah untuk mengurangi konsumsi daging pada minggu ini hingga beberapa minggu ke depan. Hal yang sama berlaku untuk ikan dan ayam. Beralih makan makanan yang sehat seperti buah, sayuran, gandum dan sebagainya. Berkunjung ke ahli gizi untuk mengetahui bagaimana mengubah kebiasaan makan secara bertahap, tanpa merusak kesehatan.

Coba dengan Rasa Baru

Mengonsumsi nabati sebagai alternatif daging, membuat keinginan Anda menjadi seorang vegetarian semakin tinggi. Tidak ada salahnya mencoba dengan rasa baru. Lain kali saat Anda pergi berbelanja ke toko, carilah bahan makanan yang dapat menggantikan peran daging, ikan atau ayam. Meski banyak orang mengatakan menjadi vegetarian adalah mahal, pembelanja yang cerdas tahu bahwa itu tidak benar.

Dapatkan Sebuah Buku Masak Vegetarian

Sebuah buku masak vegetarian yang baik dapat menginspirasi Anda untuk bereksperimen dengan bahan-bahan baru dan memasak banyak hidangan yang luar biasa. Ketika Anda menikmati makanan yang Anda makan, Anda tidak menginginkan bahan lainnya, termasuk daging. Semakin gambar masak vegetarian Anda miliki lebih menarik, semakin baik pula usaha Anda untuk menjadi seorang vegetarian.

Cari Pengganti Daging

Ketika memasak untuk keluarga dan teman-teman (mereka semua pecinta daging), selalu gunakan pengganti daging di piring Anda. Jika Anda seorang vegetarian bar yang tidak dapat mengatasi mengidam daging, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa pengganti daging untuk diet sehari-hari Anda. Potongan Soya mince dan kacang kedelai adalah beberapa alternatif yang terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement