Selasa 28 Jul 2015 13:00 WIB

Catatan Akhir Kuliah Refleksikan Kehidupan Mahasiswa

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Catatan Akhir Kuliah
Foto: Google
Catatan Akhir Kuliah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar kos milik Sam Maulana (Muhadkly Acho) tidak besar. Bahkan ia berbagi ruangan dengan Sobari (Ajun Perwira).

Ditambah lagi, temannya asal Indonesia Timur berkulit hitam Ajep (Abdurasyad) turut menumpang. Alhasil, sepetak ruangan tersebut tambah kusut.

Sam, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), tengah menuntaskan skripsinya. Sementara Sobari dan Ajep sudah sampai tahap sidang. Sam bukan mahasiswa malas. Hanya saja ia tengah galau dengan masalah percintaan. Sam baru saja ditolak oleh perempuan pujaannya.

Tidak lama menggalau, ia kembali jatuh cinta dengan kembang kampus, Annisa 'Kodok' (Dina Anjani). Menjadi pemuja rahasia sang pujaan membuat Sam semakin gila. Tapi hatinya kembali runtuh saat melihat Annisa menjalin kasih bersama Iwan (Andovi Da Lopez).

Annisa berhasil wisuda mendahului Sam. Tapi Sam tidak menyerah dan tetap mengejar perempuan yang membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Sam akhirnya menyatakan perasaannya pada Annisa. Sam meminta Annisa memberikan jawaban pada secarik kertas.

Kertas tersebut kemudian dimasukkan dalam sebuah botol dan dikubur di dekat kandang kelinci. Sam berniat membukanya setelah lima tahun mendatang. Namun Annisa menyarankan Sam membuka botolnya ketika sudah menjadi sarjana.

Hal tersebut memotivasinya kembali menyelesaikan skripsi. Bahkan Sobari dan Ajep juga turut membantu. Sam berhasil wisuda tapi Annisa tak datang ke perayaan tersebut. Sam akhirnya menggali botol tersebut. Betapa terkejutnya ia melihat jawaban dari Annisa. Sebenarnya, apa jawaban yang diberikan Annisa pada Sam? Benarkah Sam harus merasakan penolakan cinta lagi?

Film berjudul Catatan Akhir Kuliah ini memang sederhana. Ceritanya merefleksikan kisah anak perkuliahan yang hidup ngekos dan mengalami jatuh cinta. Latar kamar kos serta kehidupan kampus membuatnya menjadi nyata.

Catatan Akhir Kuliah merupakan adaptasi novel karya Sam Maulana dengan judul serupa. Film besutan sutradara Jay Sukmo ini merupakan kisah nyata yang dialami sang penulis. Rumah prouksi Darihati Films membuatnya menarik disaksikan dalam bentuk komedi. Catatan Akhir Kuliah sudah rilis dibioskop Indonesia 27 Juli kemarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement