Senin 27 Jul 2015 16:36 WIB

Kali Oyo, Destinasi Petualangan di Gunung Kidul

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Destinasi Petualangan Kali Oyo
Foto: MGROL44
Destinasi Petualangan Kali Oyo

REPUBLIKA.CO.ID, Wisatawan yang datang ke Yogyakarta dan mencari aksi petualangan, biasanya langsung menuju Goa Pindul di Gunung Kidul. Jangan hanya berhenti di Goa Pindul, lanjutkan perjalanan Anda ke Kali Oyo.

Kali Oyo adalah alternatif petualangan lain yang dapat Anda nikmati di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Bila di Goa Pindul akan dibawa menyusuri sungai di dalam Goa, di Sungai Oyo Anda akan mengarungi sungai dengan air terjun dan batu-batu karst indah yang membuat mata pengunjung terpesona ketika melihatnya.

Kali Oyo adalah sebuah sungai dengan panjang sekitar 1.500 meter dan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mengarunginya. Kedalaman sungai ini mencapai 11 meter, maka dari itu pengunjung diharuskan menggunakan pelampung dan ban saat mengarungi sungai ini.

Di musim kemarau seperti saat ini, debit air sungai akan berkurang membuat arus tidak cukup deras. Saat musim hujan, debit air meningkat dan arusnya deras namun masih aman untuk Anda mengarungi Sungai Oyo ini.

Di tengah perjalanan saat menyusuri Kali Oyo, Anda akan menjumpai air terjun yang cantik. Biasanya wisatawan akan berhenti sejenak di air terjun ini untuk melompat dari atas tebing. Jangan khawatir, sudah dipastikan aman!

Bila hanya ingin bersantai menikmati pemandangan, Kali Oyo juga tempat yang tepat. Kanan kiri sungai ini hijau asri, diselingi tebing-tebing karst. Sekilas pemandangan sungai ini nampak seperti Grand Canyon.

Untuk mengarungi Kali Oyo, Anda dapat mendaftar di tempat pembelian tiket masuk Goa Pindul. Hanya dengan biaya Rp 45 ribu, Anda akan mendapat pemandu plus ban dengan pelampungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement