Senin 27 Jul 2015 10:22 WIB

Bekerja pada Tenggat Dapat Menghambat Kreativitas Pekerja

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Tertekan karena pekerjaan (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Tertekan karena pekerjaan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bekerja pada tenggat waktu tertentu menurut Ahli syaraf akan menghambat kreatifitas seseorang. Ini berhubungan dengan kecemasan dan suasana hati yang kurang baik.

"Ketika Anda berada dalam suasana hati yang positif, Anda akan lebih sensitif dan aktif, sadar akan ide-ide ketika datang, dan dapat perhatian penuh pada hal itu," ujar John Kounios dari Drexel University saat wawancara dengan The Washington Post dilansir dari Huffingtonpost, Senin (27/7).

Ia menjelaskan bahwa pekerjaan dengan tekanan tenggat waktu akan mematikan kreatifitas dan memberikan sinyal negatif sehingga menghasilkan suasana hati yang buruk.

Menurut Teresa Amiable, seorang peneliti di Harvard Business School, mengatakan bahwa menempatkan banyak tekanan terhadap karyawan setiap hari dapat menyebabkan mereka mudah kelelahan.

"Tekanan yang sangat tinggi dan tenggat waktu harus dihindari jika Anda ingin menumbuhkan kreatifitas secara konsisten," tulisnya dalam sebuah artikel di Harvard Business Week.

Ia menjelaskan, bahwa jika memang tenggat waktu diperlukan dan tidak bisa dihindari makan pimpinan sebaiknya menjaga karyawan dari hal-hal yang bisa mengganggu pekerjaan mereka. Para karyawan pun harus diberikan apresiasi agar merasa diberikan misi penting meski memang hal itu sulit dilakukan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, bahwa tenggat waktu tidak bisa diberlakukan terus menerus karena itu tidak akan menghasilkan hal yang baik. Produktivitas memang penting, tapi pastikan itu tidak menghambat jalan kreativitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement