Ahad 26 Jul 2015 13:36 WIB

Habiskan Akhir Liburan, Wisatawan Padati Sejumlah Taman di Jakarta

Rep: C25/ Red: Winda Destiana Putri
Taman Suropati Menteng Jakarta Pusat
Foto: jakarta.go,id
Taman Suropati Menteng Jakarta Pusat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya tempat wisata atau perbelanjaan, sejumlah taman juga dimanfaatkan warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan.

Taman-taman besar yang ada di Jakarta, khususnya Jakarta Pusat, juga menjadi tujuan dan pilihan masyarakat untuk menikmati hari libur, sebelum kembali beraktivitas pada esok hari.

Taman Suropati, Taman Situlembang dan Taman Menteng contohnya, tiga taman besar yang berlokasi di Jakarta Pusat tersebut menjadi pilihan cukup banyak masyarakat, pada hari terakhir libur Lebaran hari ini. Tidak hanya datang untuk berolahraga, masyarakat juga datang untuk sekadar menghirup udara segar, yang dihasilkan pepohonan sebelum berjibaku dengan asap kendaraan esok hari.

Selain itu, kebanyakan masyarakat yang datang juga memiliki kegiatan yang beragam, seperti bercengkerama dengan anak-anak, mengajak jalan hewan peliharaan, membawa alat musik dan bahkan membawa alat pancingnya. Banyak juga warga yang datang dengan tangan kosong dan hanya duduk di area taman sambil meminum kopi, yang dibeli dari penjual minuman keliling.

Sejumlah area serta fasilitas yang ada di sejumlah taman tersebut, memang cukup menunjang masyarakat yang datang untuk melakukan kegiatan tertentu. Taman Menteng misalnya, yang memang memiliki area cukup luas untuk bermain papan seluncur atau basket. Ada juga Taman Suropati, yang memiliki area cukup teduh untuk warga yang ingin bermain alat musik.

Sementara, Taman Situlembang dimanfaatkan warga Jakarta yang membawa alat pancing, untuk mendapatkan ikan atau sekadar mengajarkan anak-anak mereka tentang memancing.

Adam (36), salah seorang warga yang datang ke Taman Situlembang bersama istri dan anaknya dengan membawa alat pancing, mengaku kalau tujuannya datang bukanlah mendapatkan ikan yang banyak. Menurutnya, keceriaan dua anaknya yang ikut belajar memancing jauh lebih berarti dan justru menjadi kepuasaan tersendiri yang ia dapatkan.

"Saya sih mancing bukan ingin dapat ikan banyak, justru pas anak-anak senang pas mancing itu saya puas," kata dia.

Lain cerita dengan Ikhbal (24), pegawai salah satu perusahaan asuransi yang ditemui di Taman Menteng, yang memang datang untuk bermain basket bersama tiga orang temannya. Menurut Ikhbal, ia dan teman-temannya memang datang untuk berolahraga, sebab, mungkin keesokan harinya mereka sudah akan disibukkan kembali dengan rutinitas masing-masing.

"Ia emang mau olahraga, soalnya besok-besok pasti susah lagi kalo mau kumpul, kerja soalnya kan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement