Ahad 26 Jul 2015 12:17 WIB

Menulis Jurnal Cara Cerdas Temukan Solusi Permasalahan

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Depresi (ilustrasi).
Foto: tribune.com.pk
Depresi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak pasangan yang putus ketika salah satunya menderita depresi. Tekanan kehidupan tidak hanya memengaruhi kualitas diri Anda, tapi juga berpengaruh besar pada pasangan.

Saat Anda depresi, pasangan pun akan terkena imbas dari hal tersebut. Sehingga ada baiknya Anda juga melihat kondisi dan posisi pasangan saat merasa depresi. Berikut ini ada beberapa tips tentang cara Anda menjaga hubungan ketika merasa tertekan, dilansir dari Womanitely, Ahad (26/7).

Pertama, coba sesuatu yang baru. Depresi terkadang dipicu dari kegiatan sehari-hari dengan begitu melakukan sesuatu yang baru akan memberikan peluang untuk Anda merasa lebih baik. Tidak ada salahnya melakukan hal baru, ajaklah pasangan untuk melakukan hal tersebut. Coba jelajahi tempat-tempat yang belum diketahui atau melakukan hobi baru bersama.

Kedua, pikirkan tentang masa depan. Ketika kita merasa depresi, pikiran sering kali berputar pada kesalahan masa lalu dan masa kini. Anda akan melupakan bagaimana dengan diri Anda di masa depan. Coba bayangkan diri Anda dan pasangan untuk beberapa tahun mendatang dengan mengatur beberapa tujuan penting yang haus dicapai di masa depan agar tidak terus terpuruk dengan depresi.

Ketiga, tidak harus selalu terlihat sempurna. Kita hanya manusia biasa, meski Anda seorang yang ingin kesempurnaan, ada masanya Anda melakukan kesalahan dan terpuruk. Anda tidak perlu larut dalam depresi, kegagalan dan kesalahan merupakan hal wajar. Coba beerbagi masa-masa sulit Anda dengan pasangan, jangan buat diri sendiri terus depresi.

Keempat, menulis di jurnal depresi. Dengan menuliskan masalah-masalah yang dihadapai lebih mudah membuat pikiran jernih. Tulisan Anda akan menunjukan gambaran jelas tentang apa yang seharusnya dilakukan dengan kondisi yang dialami. Tulis saja setidaknya beberapa kalimat setiap harinya untuk melihat kemajuan emosi Anda menuju tahap positif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement