Sabtu 18 Jul 2015 03:13 WIB

Susu Baik Bagi Perkembangan Tulang dan Otak Anak

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Anak Minum Susu
Foto: Womanitely
Anak Minum Susu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu ini tersebar berita bahwa susu tidak baik bagi tubuh manusia. Ya, susu sapi memang tidak baik bagi manusia yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, tapi secara keseluruhan susu begitu baik bagi tubuh.

Orang tua sering termakan isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarnanya. Mereka mudah saja percaya pada ucapan dan artikel yang belum pasti kebenarnanya. Padahal konsumsi susu bagi anak-anak begitu baik manfaatnya.

Susu dan produk susu lainnya menjadi sumber yang sangat baik penghasil kalsium dan protein. Mereka adalah dua nutrisi penting bagi tumbuh kembang anak. Susu juga kaya akan Vitamin D saat sudah diolah menjadi yogurt dan keju.

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan mencegah tulang rapuh dan mengalami peradangan. Ini membantu membangun tubuh sehat dan tulang kuat bagi anak. Minum susu teratur membantu mencegah gangguan pertumbuhan tulang dan mengurangi risiko patah tulang saat terluka, dilansir dari Womanitely, Sabtu (18/7).

Susu juga merupakan unsur penting untuk saraf dan perkembangan otak anak. Para dokter setuju bahwa susu tidak bisa dilepaskan dari perkembangan otak anak. Hanya saja, orang tua perlu mengetahui jenis susu apa yang cocok dikonsumsi anak, apakah susu rendah lemak atau susu murni.

Untuk mengetahui jenis susu yang cocok untuk anak, ada baiknya orang tua berkonsultasi secara khusus kepada dokter. Hal itu bermaksud agar terhindar dari risiko berbahaya yang dapat diterima anak. Sebab setiap anak memiliki kebutuhan dan masalah kesehatan berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement