Jumat 17 Jul 2015 16:34 WIB

Ini Nutrisi Penting untuk Menjaga Pola Tidur Anda

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Tidur (ist)
Foto: Youtube
Tidur (ist)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda tahu bahwa nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat membantu pola tidur Anda lebih baik di malam hari dan menjadi lebih produktif. Nutrisi juga membantu membuat Anda menjadi enerjik ketika bangun di pagi hari.

Masalah emosional seperti stres dan kecemasan dapat membuat pola tidur Anda tidak teratur dan dapat menyebabkan insomnia. Untuk menghindarinya, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa makanan lezat yang kaya nutrisi penting untuk tubuh.

Seperti yang dilansir Womanitely Kamis (16/7) berikut adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur pola tidur Anda menjadi lebih baik.

Magnesium

Magnesium menawarkan sifat santai yang dapat membantu tubuh untuk cepat tertidur. Magnesium menurunkan kecemasan, mengurangi sakit kepala, mengurangi tekanan darah tinggi, dan bahkan dapat meringankan gejala nyeri saat PMS. Makan makanan yang kaya magnesium lebih efektif untuk mengatur pola makan Anda. Misalnya, biji-bijian, kacang-kacangan, wortel, ubi jalar, sayuran hijau, ikan, coklat hitam, buah kiwi dan pisang semua kaya magnesium.

Kalium

Kalium adalah elektrolit penting yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Nutrisi ini membantu mengurangi tekanan darah dan membuat tidur malam lebih baik. Mempertimbangkan makan makanan kaya kalium seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah, buah kering, yoghurt, mentimun, ubi jalar, tomat, alpukat, sayuran hijau, seledri, gandum, dan ikan.

Vitamin B6

Salah satu nutrisi paling penting untuk tidur malam yang baik yaitu Vitamin B6. Nutrisi ini membantu melawan stres dan membuat santai sistem saraf Anda. Beberapa sumber terbaik vitamin B6 adalah pisang, yoghurt, kacang mete, kacang, almond, alpukat, ikan, tomat, bayam, ubi jalar, rumput laut, gandum, dan telur.

Kalsium

Kalsium adalah nutrisi fantastis yang akan membawa sifat santai instan ke tubuh dan akan membantu Anda tidur lebih cepat. Kalsium menurunkan gula darah, tekanan darah, dan mengurangi kecemasan. Sayuran hijau, yoghurt organik dan kefir, susu, almond, biji chia, dan brokoli adalah sumber kalsium yang sangat baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement