Jumat 17 Jul 2015 15:33 WIB

Ini yang Anda Butuhkan untuk Menjaga Pola Tidur Normal

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Tidur yang cukup (Ilustrasi)
Foto: Chron
Tidur yang cukup (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah emosional seperti stres dan kecemasan dapat mencegah Anda dari tidur dengan baik dan dapat menyebabkan insomnia.

Kurang tidur tidak baik untuk kesehatan, terlebih lagi saat ini kita memiliki waktu yang sangat sibuk yang menguras energi lebih banyak.

Kita membutuhkan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan menjaga dari ancaman pelbagai penyakit. Apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga pola tidur setiap hari?

Dilansir dari laman Womanitely pada Kamis (16/7) berikut adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur pola tidur Anda menjadi lebih baik.

Omega 3 dan Asam Lemak

Mungkin Anda pernah mendengar tentang manfaat kesehatan dengan banyak asam lemak omega 3. Omega 3 asam lemak membantu memerangi stres, meredakan peradangan, membuat rasa relaksasi dalam tubuh, dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Biji chia, biji labu, rami, kenari, halibut, salmon, dan telur adalah beberapa sumber tertinggi asam lemak omega 3.

Tryptophan

Tryptophan juga dapat membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. Ini adalah prekursor serotonin yang menenangkan sistem saraf Anda, menginduksi keadaan damai saat Anda tertidur. Tryptophan ditemukan di Turki, sumber Tryptophan yang baik berasal dari pisang, ayam, telur, ubi jalar, chia, rami, biji labu, almond, yogurt, dan sayuran hijau.

Protein

Protein kaya akan asam amino dan mengurangi hormon stres kortisol dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, protein mengurangi insulin, hormon yang meningkatkan gula darah, sehingga menyebabkan kelebihan kortisol. Daging tanpa lemak, spirulina, telur, kacang-kacangan, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, quinoa, yoghurt, sayuran hijau dan Seafood adalah salah satu sumber protein yang terbaik.

Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan insomnia, pastikan Anda memasukkan makanan kaya zat besi dalam diet harian Anda. Beberapa sumber terbaik zat besi meliputi: brokoli, daging merah, kacang, ginjal, dan hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement