Kamis 16 Jul 2015 06:21 WIB

Lodeh Lebaran, Kreasi Temani Hari Kemenangan

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Sayur Lodeh (ILustrasi)
Foto: Google
Sayur Lodeh (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebaran identik dengan makanan yang berkuah santan. Ada rendang, opor ayam, sayur pepaya, sambal goreng kentang dan lainnya. Bila Anda ingin mencari menu baru, lodeh bisa menjadi kreasi teranyar di hari kemenangan esok.

Sisca Soewitomo selaku pakar kuliner Indonesia memberikan satu resep yang bisa Anda gunakan untuk membuat lodeh Lebaran tersebut.

Masakan ini membutuhkan bahan-bahan seperti setengah ekor ayam yang sudah dipotong 20 bagian, labu siam yang diiris kecil-kecil, kacang panjang, sambel terasi siap pakai, daun jeruk, jahe, serai, air, garam, santan, cabai merah, dan telur puyuh yang direbus kemudian di goreng.

"Supaya jadi cantik ditambahkan telur puyuh," ujar Sisca saat ditemui ROL beberapa waktu lalu.

Cara memasak lodeh lebaran ini juga terbilang mudah, tidak butuh waktu lama atau proses yang rumit, hanya dengan menumis bumbu gulai bersama daun jeruk, jahe, serai, setelah harus tambahkan labu siam, potongan ayam, dan air.

Setelah air mendidih, masukan santan, kacang panjang, telur, garam, irisan cabai, dan tunggu sebentar untuk mematangkan bahan-bahan tadi.

"Kalau dimasaknya sehari sebelum Lebaran, santan dah bahan lain seperti kacang panjang, telur, dan cabai, pagi lebaran saja baru dimasak lagi, biar tidak basi," katanya.

Setelah matang, Anda bisa menyajikannya dengan ketupat atau lontong sebagai makanan khas yang selalu ada disetiap Lebaran. Perpaduan gurihnya santan, dan manisnya labu siam akan pas menyegarkan perut setelah lelah mengonsumsi rendang yang begitu berat untuk perut. Selamat mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement