Kamis 09 Jul 2015 10:25 WIB

Cegah Ketombe Secara Alami pada Rambut Hitam

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Rambut berketombe
Foto: webmd
Rambut berketombe

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika ada bintik-bintik putih di rambut hitam Anda, itu jelas bukan salju di musim dingin, tetapi ketombe. Rambut hitam sangat rentan dengan ancaman ketombe.

Pengobatan dan pencegahan ketombe pada rambut hitam dengan rambut warna lainnya hanya berbeda tipis. Dilansir dari Live Strong, Kamis (9/7) berikut langkah-langkah tepat untuk mengusir ketombe dari kulit kepala Anda.

Sering keramas

Cucilah rambut Anda setidaknya sekali sepekan. Gunakan air yag sedikit hangat untuk mengelupas ketombe yang menempel di kulit kepala.

Bijak pilih sampo

Jika Anda tidak berketombe, gunakan sampo bebas sulfat untuk menghindari pengupasan minyak alami yang terkandung di kulit kepala. Jika Anda berketombe, gunakan sampo antiketombe dengan kandungan sulfat atau sulfur 1-2 kali sepekan.

Hentikan produk hair styling

Penggunaan produk hair styling berlebihan pada rambut menghilangkan bakteri alami pada kulit kepala yang dibutuhkan untuk melawan ketombe. Jika Anda memang harus menggunakan produk hair styling, maka batasi penggunaannya.

Pijat kulit kepala

Eksfoliasi atau lakukan pemijatan pada kulit kepala Anda untuk mengelupas kulit kering dan kulit mati. Setelah membasahi rambut Anda di kamar mandi, pijat kulit kepala dengan menggunakan sedikit baking soda atau garam dapur. Pijat selama beberapa menit, kemudian bilas seperti biasa.

Oleskan hot oil

Hot oil di sini misalnya minyak zaitun untuk menjaga kelembaban kulit kepala. Lakukan ini sebelum tidur dan cuci rambut Anda keesokan harinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement