Selasa 07 Jul 2015 14:58 WIB

Gigitan Pertama Ekerpare Hancur Lembut di Lidah

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Ekerpare
Foto: ROL/Winda Destiana
Ekerpare

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbuka puasa tidak akan bisa lepas dari makan-makanan manis. Menu andalan berbuka di Indonesia bisanya tidak jauh dari seputar kolak.

Ingin merasakan menu berbuka lain? Tidak ada salahnya merasakan makanan manis asal Turki.

 

Selain Baglava, kudapan manis Turki masih terdiri dari berbagai macam lainnya. Di antaranya ada keskul yang terbuat dari susu dan puding almond, sutlac terbuat dari paduan tepung pati dipadu campuran beberapa buah kemudian dioven. Ada pula kue mirip nastar berukuran lebih besar bernama Ekerpare.

Ekerpare berbentuk pipih dan mundar dengan kacang almond di tengah-tengahnya. Sekilas kue ini mirip nastar berukuran besar, tapi memiliki tekstur jauh berbeda. Jika nastar bersifat kering dari luar hingga dalam. Ekerpare bertekstur sedikit kering di luar dan begitu basah saat sendok membelah isinya.

"Ini pakai sugar sirup, telur, kayu manis, vanila, air, dan sedikit lemon," ujar Chef Hilmi Caliskan, juru masak asal Sheraton Ankar dan Lugal, Turki, saat ditemui Republika di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta belum lama ini.

Bagi penyuka rasa manis, ekerpare akan begitu cocok dikonsumsi saat berbuka. Makan ini juga merupakan camilan tradisional asal Turki yang sudah tidak asing lagi bagi lidah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement