Selasa 07 Jul 2015 16:42 WIB

Hunkar Begendi, Olahan Domba Asal Turki

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Hunkar Begendi
Foto: ROL/Winda Destiana
Hunkar Begendi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masakan Timur tengah memiliki karakteristik hampir mirip. Kedekatan batas negara bisa menjadi salah satu alasannya.

Di antara makanan Timur Tengah yang hadir saat bulan puasa adalah makanan Turki. Makanan Turki tidak menggunakan rempah-rempah sebanyak India.

Cita rasa makanan Turki lebih lembut, tapi menonjolkan rasa asam pada makanan pembuka, sedangkan menonjolkan rasa manis pada makanan penutup. Untuk hidangan utama, masakan Turki hampir memiliki karakter sama dengan masakan Timur Tengah lainnya, gemar menggunakan daging kambing atau sapi.

Salah satu menu Turki dengan menggunakan daging adalah Hunkar Bagendi. Masakan ini begitu populer di kalangan masyarakat Turki.

Hunkar Begendi memiliki rasa tidak begitu menyengat tanpa bumbu-bumbu berasa tajam. Bumbu-bumbu yang digunakan pun dibawa langsung dari Turki.

"Ini terbuat dari lamb," ujar Chef Hilmi Caliskan, juru masakan menu Turki La Moda berasal dari Sheraton Ankara dan Lugal di Turki saat ditemui Republika, belum lama ini.

Cara membuatnya tidak begitu sulit, cukup bungkus daging domba muda tersebut menggunakan aluminium foil, kemudian dipanggang. Proses ini mirip seperti proses mengungkep pada masakan di Indonesia.

Setelah proses ungkep ini selesai, daging domba muda dipotong dadu kecil, kemudian dimasak menggunakan olahan tomat segar sebagai sausnya. Proses memasak tersebut akan mengeluarkan juice dari daging dan bercampur dengan saus tomat segar, sehingga menimbulkan kuah gurih seperti minyak.

Setelah matang, olahan daging ini ditaruh di atas cream terong lembut seperti kapas yang sudah dicampur jadi satu. Olahan tersebut sekilas mirip seperti masakan mashed potato. Hidangan ini menjadi masakan populer pula di Turki. Biasanya menjadi santapan sehari-hari.

Jika Anda tertarik mencicipi kuliner asli tangan olahan Chef Turki, La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta, merupakan salah satu  satu restoran menghidangkan makanan khas Turki di bulan Ramadhan.

Restoran dengan konsep modern ini menghadirkan makan Turki mulai dari tanggal 24 Juni hingga 8 Juli. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 190 ribu per porsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement