Ahad 28 Jun 2015 20:11 WIB

Damai Berlibur di Rumah dengan Bersikap Dewasa

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.
Foto: corbis
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlibur di rumah bagi orang merantau, seperti kuliah di kota berbeda dari rumah memang sedikit membingungkan. Anda sudah terbiasa hidup di luar rumah, dengan peraturan yang berbeda.

Mungkin Anda akan sedikit kesulitan beradaptasi kembali dengan suasana rumah. Orang tua mungkin saja masih mengatur dan menentukan kegiatan Anda ketika berlibur di rumah. Tapi jangan jadikan itu alasan untuk melakukan pertengkaran dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Berikut ini beberapa tips yang membantu Anda untuk bisa menikmati masa liburan di rumah dengan damai, dilansir dari Womanitely, Ahad (28/6).

Nikmati waktu bersama keluarga

Menghabiskan waktu bersama orang tua tidak selalu berakhir membosankan. Anda bisa meluangkan beberapa jam bersama mereka untuk sekadar berjalan-jalan ke taman kota, atau tempat bermain lainnya. Menyisihkan waktu untuk orang tua akan mempererat tali hubungan keluarga.

Tampilkan Kedewasaan

Orang tua mungkin akan selalu menganggap Anda seperti anak-anak, tapi coba tunjukkan bahwa Anda seorang anak yang mandiri. Cobalah menunjukan bahwa Anda sudah bisa bertanggung jawab atas sesuatu, seperti membersihkan rumah. Anda bisa melakukan pekerjaan apapun di rumah, dan perlihatkan pada mereka Anda bisa melakukannya tanpa perlu bantuan orang tua.

Cari pekerjaan

Memang Anda sedang menikmati waktu liburan setelah kepadatan kuliah, tapi tidak ada salahnya melakukan pekerjaan paruh waktu sebagai wujud kemadirian Anda dari orang tua. Tapi ingat, Anda harus mengantongi izin orang tua terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Membuat Pujian

Melontarkan pujian merupakan satu trik psikologis yang bekerja dengan baik untuk mencari kesamaan pada seseorang. Trik tersebut bisa digunakan ketika Anda berada di rumah, pujilah ibu Anda dengan mengatakan bahwa ia masih cantik, atau puji ayah Anda dengan mengatakan bahwa Anda selalu bangga menjadi anaknya. Maka jangan heran jika Anda akan mendapatkan liburan menyenangkan di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement