Ahad 28 Jun 2015 19:09 WIB

Cara Berlibur di Rumah Bagi si Perantau

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Berlibur (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Berlibur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Anda yang kuliah atau bekerja di perantauan, rumah merupakan tempat yang tidak begitu dikenal seperti biasanya. Kehidupan Anda berada di seputar tempat kuliah atau bekerja.

Tapi saat memasuki masa liburan, pada akhirnya Anda harus kembali pulang ke rumah. Rumah tempat di mana orang tua dan saudara-saudara biasanya jarang Anda temui.

Seringnya saat Anda di rumah terjadi hal-hal sepele karena kesalahan pahaman antar anggota keluarga. Dilansir dari Womanitely, Ahad (28/6), berikut ini tips agar Anda tidak dianggap biang onar saat berlibur di rumah.

Jangan melanggar aturan

Ada peribahasa mengatakan, jika Anda berada di Roma, lakukan sebagaimana orang Roma lakukan, begitu juga di rumah. Orang tua Anda pasti memiliki aturan sendiri, karena itu Anda harus mengikuti aturan tersebut untuk menghindari masalah. Tampilkan bahwa Anda sudah dewasa dan bukan lagi remaja pembuat onar.

Diskusikan rencana liburan

Ketika di rumah, coba diskusikan rencana selama liburan bersama orang tua Anda, coba tanyakan juga rencana berlibur mereka. Beri waktu khusus untuk Anda dan keluarga menikmati liburan bersama-sama setelah ketidakhadiran Anda dalam keseharian mereka.

Jangan bertengkar dengan orang tua

Jika Anda memiliki konflik dengan ibu atau ayah, coba selesaikan dengan cara damai. Jika mereka merasa benar, cobalah untuk mengalah dan meminta maaf dan berhenti membuktikan bahwa Anda selalu benar. Ini bukan berarti Anda selalu mengalah setiap hari, tapi cara Anda bersikap cerdas dan hormat kepada orang tua.

Bersantai di luar ruangan

Menghabiskan banyak waktu di rumah dengan menonton TV, bersantai, memainkan komputer, lama-lama memang membosankan. Ajaklah orang tua dan anggota keluarga lainnya untuk berjalan-jalan menyusuri daerah tempat tinggal Anda, pasti ada banyak perbedaan yang tidak Anda ketahui semenjak kepergian Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement