Sabtu 27 Jun 2015 08:44 WIB

Saat Presentasi, Hindari Memakai Baju Warna Merah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pilihan warna pakaian, memengaruhi keberhasilan di tempat kerja.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pilihan warna pakaian, memengaruhi keberhasilan di tempat kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, Seminggu lagi Anda akan ada jadwal presentasi didepan klien. Bahan-bahan materi presentasi telah Anda siapkan. Lalu tibalah waktunya Anda mempresentasikannya.

Psikolog, Rosdiana Setyaningrum mengingatkan pada Anda yang akan melakukan presentasi, sebaiknya jangan menggunakan baju berwarna merah. Apa alasannya?

Ia menjelaskan saat presentasi di depan klien, jika Anda menggunakan warna merah, maka Anda akan dicecar dengan banyak pertanyaan. Sebab warna merah akan membangkitkan energi. "Jadi sebaiknya hindari warna merah jika ingin maju ke depan untuk presentasi. Kecuali jika Anda ingin banyak pertanyaan," sarannya, dalam acara Wardah Day dalam rangka ulang tahun Wardah ke 20, di Senayan City, Jakarta, Jumat (26/6).

‪Anda bisa memilih warna lain, misalnya kuning yang melambangkan warna inspiratif dan ceria. Biru yang melambangkan ketenangan. Hitam yang melambangkan warna pengetahuan.

Atau jika Anda perempuan bisa pilih warna pink atau merah muda yang melambangkan cinta. Atau gold yang melambangkan kesuksesan. "‪Setiap warna ada filosoofi sendiri," ujarnya.

Selain itu, Anda bisa mencocokkan warna pakaian dengan warna kulit wajah Anda. Caranya tempelkan warna pakaian atau bagi Anda yang berhijab, tempelkan kerudung di wajah Anda, lihat ke kaca, warna mana yang membuat wajah Anda terlihat lebih cerah.

"Kalau ketukar jadi tidak bercahaya lagi. Ketika suasana hati lagi senang pun, kalau salah pakai warna pakaian maka orang lain tidak bisa melihat kita senang," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement