Jumat 26 Jun 2015 04:47 WIB

Ini Cara Cuci Rambut yang Tepat (II)

Rep: C13/ Red: Julkifli Marbun
Mencuci rambut
Foto: istock
Mencuci rambut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian pernah  menerangkan perihal cara mencuci rambut wanita. Seperti dikutip laman womanitely, Jumat (26), penelitian itu menunjukkan sekitar tujuh dari sepuluh wanita tidak mencuci rambut dengan benar.

Penelitian tersebut jelas tidak bisa menjadi bukti kalau seluruh wanita di dunia ini melakukan kesalahan dalam mencuci rambut. Pasalnya, ada beberapa dari mereka yang memang tidak mengetahui cara mencuci rambut yang benar dan tepat.

Mencuci rambut bukanlah persoalan yang sulit untuk dilakukan. Kita mengetahui bahwa mencuci rambut itu hanya berkenaan dengan rambut basah basah yang kemudian diberi sampo. Setelah itu, kita juga membilas rambut, memakai kondisioner, lalu membilas kembali dengan air. Sementara saya tidak bisa menyatakan dengan jaminan bahwa semua wanita di seluruh dunia melakukan kesalahan mencuci rambut ini, banyak yang tidak tahu bagaimana melakukan rambut mereka dengan benar.

Untuk itu, sebenarnya tidak ada yang rumit dari mencuci rambut. Kita hanya perlu mencuci rambut dengan agark serius. Berikut ini panduan mencuci rambut yang tepat dan bisa Anda ikuti.

3. Jangan pakai kondisioner di kulit kepala

Kondisi rambut berminyak atau kering terkadang membuat kita ingin mencuci rambut terus. Bahkan, kondisi ini menjadikan ini begitu rajin menggunakan kondisioner dan mengoleskannya ke seluruh lapisan rambut. Namun ternyata upaya tersebut dinilai kurang tepat oleh sebagian orang.

Mencuci rambut setiap hari itu buruk bagi kesehatan rambut Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba untuk menggunakan kondisioner Anda di rambut Anda yang kemudian bilas dengan air hangat.

4. Bilas dengan air dingin

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membilas rambut dengan air dingin. Membilas dengan menggunakan air ini dianggap bisa   menambah kilau rambut. Nah, ini menjadi pilihan Anda apakah Anda lebih menyukai membilas dengan air hangat atau air dingin! Kedua air ini sama-sama dinilai baik untuk rambut.

5. Gunakan kondisioner

Saran menggunakan kondisioner atau masker rambut ini bisa diterapkan bagi mereka yang merasa kesulitan ketika mencuci rambut. Misalnya, kesulitan mencuci rambut karena terlalu panjang. Kondisi demikian bisa diatasi dengan menggunakan kondisioner. Jadi, Anda hanya perlu memoleskan kondisioner sebelum menuangkan sampo di rambut Anda agar mudah mengeramas rambut Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement