Jumat 26 Jun 2015 04:32 WIB

Ini Cara Cuci Rambut yang Tepat (I)

Rep: C13/ Red: Julkifli Marbun
Cuci rambut
Foto: endlessstylescc.com
Cuci rambut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah anda sudah yakni kalau cara mencuci kalian sudah tepat? Seperti dikutip laman womanitely, Jumat (26/6), terdapat penelitian yang menerangkan perihal cara mencuci rambut wanita. Penelitian itu menunjukkan sekitar tujuh dari sepulu wanita tidak mencuci rambut dengan benar.

Penelitian tersebut jelas tidak bisa menjedi bukti kalau seluruh wanita di dunia ini melakukan kesalah dalam mencuci rambut. Pasalnya, ada beberapa dari mereka yang memang tidak mengetahui cara mencuci rambut yang benar dan tepat.

Mencuci rambut bukanlah persoalan yang sulit untuk dilakukan. Kita mengetahui bahwa mencuci rambut itu hanya berkenaan dengan rambut basah basah yang kemudian diberi sampo. Setelah itu, kita juga membilas rambut, memakai kondisioner, lalu membilas kembali dengan air. Sementara saya tidak bisa menyatakan dengan jaminan bahwa semua wanita di seluruh dunia melakukan kesalahan mencuci rambut ini, banyak yang tidak tahu bagaimana melakukan rambut mereka dengan benar.

Untuk itu, sebenarnya tidak ada yang rumit dari mencuci rambut. Kita hanya perlu mencuci rambut dengan agark serius. Berikut ini panduan mencuci rambut yang tepat dan bisa Anda ikuti.

1. Mulailah dengan membilas menggunakan air panas atau hangat

Anda mungkin pernah mendengar kalau kita tidak boleh mencuci rambut dengan air panas. Pendapat itu memang benar karena kita selalu berpikir bahwa air panas benar-benar buruk bagi kesehatan rambut.

Seorang ahli kecantikan pernah mengatakan, air panas tidak selalu buruk untuk kesehatan rambut. Air yang tidak terlalu panas atau hangat bisa dijadikan sebagai air bilas rambut. Ini perlu dilakukan mengingat air hangat bisa  membantu untuk membuka pori-pori dan kutikula.

Air hangat juga mampu menghapus kotoran lebih efektif. Pada perihal lain, air ini bisa membantu kondisioner atau masker rambut menyerap lebih baik.

2. Cuci kulit kepala

Cara populer untuk menggunakan sampo biasanya dengan menerapkannya ke seluruh rambut dan kulit kepala. Namun cara yang populer ini ternyata dinilai cara yang salah oleh pakar kecantikan.

Untuk itu, Anda hanya perlu untuk mencoba mengoles  sampo di kulit kepala saja. Kemudian, pijat dengan lembut dan bilas dengan air hangat.

Jika rambut Anda terlalu kotor dan berminyak, Anda hanya perlu mengoles sampo ke kulit kepala Anda yang busa bisa kalian pindahkan ke helai rambut Anda. Oleh sebab itu, anda tidak perlu melakukan keramas rambut Anda dua kali atau menggunakan banyak produk. Pasalnya, hal ini bisa menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan menyebabkan kekeringan, ketombe serta iritasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement